Kompas.com - 21/01/2020, 17:13 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Iran melalui badan penerbangan sipil membenarkan, dua rudal menghantam pesawat Ukraina pada 8 Januari lalu.

Pesawat Boeing 737 milik Ukraine International Airlines jatuh seaat setelah lepas landas di Bandara Imam Khomeini, Teheran.

Pesawat Ukraina dengan nomor penerbangan PS752 itu jatuh dengan 176 orang tewas, 82 di antaranya adalah warga Iran.

Baca juga: 11 Warga Ukraina Korban Tewas Pesawat Boeing 737 yang Ditembak Iran Dikembalikan

"Penyelidik, menemukan bahwa dua rudal dari sistem Tor-M1 ditembakkan dan menghantam pesawat," kata badan penerbangan dilansir AFP Selasa (21/1/2020).

Dalam keterangan badan penerbangan sipil, mereka masih menganalisa bagaimana dampak misil itu bisa menjatuhkan pesawat.

Otoritas sipil juga mengaku, mereka tidak bisa membaca data ketinggian maupun rekaman percakapan pilot di kotak hitam pesawat karena terlalu canggih.

Meski begitu, Teheran mengungkapkan mereka tidak akan mengirim kotak tersebut, dan mencoba untuk membacanya di dalam negeri.

Mereka mengaku sudah meminta otoritas Perancis dan AS, dikenal sebagai BEA dan NTSB, untuk menyediakan peralatan yang dibutuhkan guna membaca kotak hitam.

Baca juga: Iran Tembak Jatuh Pesawat Ukraina karena Ditakuti Jet Tempur F-35 AS

"Begitu perangkat tersebut sudah disediakan, informasi (kotak hitam) bisa diambil dan dibaca dalam waktu singkat," ujar badan penerbangan sipil.

Pernyataan itu memperkuat laporan media AS, The New York Times, yang juga menambahkan rekaman dua proyektil mengenai pesawat Ukraina.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.