Kompas.com - 22/11/2019, 11:00 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com — Dengan sedikit gugup, paduan suara muda Muslim dari kawasan selatan Thailand berlatih jelang penampilan mereka untuk Paus Fransiskus.

Mengenakan jilbab dan seragam sekolah, anak-anak berkumpul di auditorium universitas untuk menyanyikan balada untuk Pemimpin Gereja Katolik Roma.

Namun, dilansir AFP Jumat (22/11/2019), penampilan paduan suara Muslim itu bukan sekadar menyanyikan not yang tepat di hadapan Paus Fransiskus.

Baca juga: Mendarat di Thailand, Paus Fransiskus Mulai Rangkaian Tur Asia

Penampilan itu adalah kans langka bagi mereka untuk menunjukkan sisi lain dari kawasan selatan Thailand yang tengah didera konflik.

Hingga saat ini, konflik itu sudah menelan nyawa 7.000 orang, kebanyakan Muslim dan pemeluk agama Buddha. "Kami ingin menunjukkan kami bukan fundamental," ucap Furkon Tasa.

Murid 15 tahun itu merupakan pemimpin dari paduan suara Institut Attarkia Islamiah di Narathiwat yang beranggotakan 31 orang.

Narathiwat adalah satu dari tiga provinsi paling selatan ketika para militan Muslim-Melayu berjuang mendapatkan hak otonomi mereka.

Serangan itu biasanya dikarakteristikan dengan tit for tat, atau gempuran balasan yang menyasar simbol Thailand serta pasukan keamanan.

Furkon mengatakan, lagu yang hendak dibawakan merupakan usaha mereka bahwa orang-orang dari berbagai keyakinan dapat bersatu.

"Dengan musik, kami bisa berkomunikasi dengan semuanya," tuturnya. Mereka akan tampil di Universitas Chulalongkorn, Jumat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.