Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Ini, Paus Fransiskus Bakal Lantik Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo sebagai Kardinal

Kompas.com - 05/10/2019, 19:08 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

VATICAN CITY, KOMPAS.com - Sejarah bakal kembali diukir oleh Gereja Katolik di Indonesia, di mana Paus Fransiskus akan melantik Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo sebagai Kardinal.

Upacara pelantikan Monsignor (Mgr) Suharyo, bersama dengan 12 calon kardinal lainnya, bakal dilaksanakan di Vatikan pukul 16.00 waktu setempat.

Baca juga: Paus Fransiskus Tunjuk Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo Jadi Kardinal

Paus Fransiskus mengumumkan Mgr Ignatius Suharyo sebagai kardinal pada 1 September lalu, seusai Doa Malaikat Tuhan (Angelus) pukul 12.00 waktu lokal.

Uskup Agung Suharyo bakal menjadi kardinal ketiga yang dimiliki Gereja Katolik Indonesia, setelah Kardinal Justinus Darmojuwono, dan Kardinal Julius Darmaatmadja.

Kardinal Julius Darmojuwono dilantik pada 1967, di sela pengabdiannya sebagai Uskup Agung Semarang periode 1963 sampai 1981 silam.

Sementara Julius Darmaatmadja yang merupakan pendahulu Mgr Suharyo sebagai Uskup Agung Jakarta periode 1996 sampai 2010, dan dilantik pada 1994.

Posisi Kardinal atau Pangeran Geraja merupakan jabatan yang unik. Sebab, mereka mempunyai hak untuk memilih dan dipilih sebagai Paus.

Lebih lanjut selain Mgr Suharyo, Paus Fransiskus juga mengangkat dua rohaniawan Katolik yang berjasa untuk membantu para migran.

Di antaranya Michael Fitzgerald. Fitzgerald yang merupakan uskup agung dari Inggris merupakan mantan nuncio (duta) Vatikan di Mesir dan Liga Arab, serta pakar Hubungan Relasi Muslim-Kristen.

Keputusan Paus asal Argentina tersebut dalam menetapkan kardinal baru di Basilika Santo Petrus, terbilang cukup mengejutkan.

Pasalnya, mereka yang ditunjuk Paus berasal dari negara berkembang atau pun miskin seperti Kuba, Kongo, hingga Guatemala.

Baca juga: Sekilas tentang Kardinal, “Engsel”-nya Sri Paus di Seluruh Dunia

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com