Kompas.com - 15/02/2020, 17:38 WIB

ISTANBUL, KOMPAS.com - Mehmet Ali Agca mengaku senang ketika targetnya, Paus Yohanes Paulus II, tidak tewas ketika ditembak pada 1981 silam.

"Penembakan itu merupakan takdir. Dan takdir pula dia (Paus) selamat. Saya senang dia tidak mati," ucap Agca.

Dalam wawancaranya yang dilansir dari Daily Mirror, Agca (62) merasa dirinya sedih ketika sang Paus wafat pada 2005.

Baca juga: Hari Ini dalam Sejarah: Karol Wojtyla Dilantik Menjadi Paus Yohanes Paulus II

"Dia seperti kakak bagi saya. Ketika dia wafat, saya merasa salah satu kakak atau kawan karib saya telah pergi," kisahnya dilansir pada Jumat (14/2/2020).

Sejak penembakan 38 tahun silam itu, Agca kini tinggal di Istanbul, Turki, di sebuah apartemen kecil di pinggir kota yang tenang.

Setelah 29 tahun dipenjara, dia meninggalkan masa lalunya dan kini para tetangga mengenal Agca sebagai pria yang baik dan suka memberi makan kucing juga anjing jalanan.

Agca mengaku bahwa dirinya masih terus memikirkan perbuatannya yang telah melukai Paus Yohanes Paulus II. "Saya sering memikirkannya. Tidak setiap hari tapi sangat sering."

"Saya orang baik sekarang," ujarnya, "Saya mencoba untuk hidup sebagaimana mestinya. Ketika saya menembak Paus, usia saya masih 23 tahun. Saya masih sangat muda dan bodoh."

Agca mengaku kalau dirinya tidak menggunakan logika ketika menembakkan peluru tepatnya pada 13 Mei 1981.

Baca juga: Bosnia Resmikan Patung Paus Yohanes Paulus II

Kenangan buruk penembakan yang dilakukan Agca rupanya juga mengantarnya pada cerita kenangan manis bersama kekasihnya saat itu, Edith.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.