Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

GP Ansor Kunjungi Vatikan, Paus Fransiskus: Saya Doakan Anda, Anda Doakan Saya

Kompas.com - 27/09/2019, 08:20 WIB
Agni Vidya Perdana

Editor

Sumber GP ANSOR

VATIKAN, KOMPAS.com - Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Yaqut Cholil Qoumas beserta jajaran pengurus berkunjung ke Vatikan, Rabu (25/9/2019).

Rombongan juga berkesempatan untuk bertemu dengan Paus Fransiskus usai acara Audiensi Umum di lapangan Santo Petrus, Vatikan, Roma.

"Disampaikan Yaqut, melalui rilis yang diterima Kompas.com, dalam kesempatan pertemuannya dengan pemimpin tertinggi umat Katolik, GP Ansor membawa misi tersendiri.

Misi tersebut adalah untuk menyampaikan dukungan terhadap dokumen "Human Fraternity for World Peace and Living Together" yang dikampanyekan Paus Fransiskus dan Grand Syech Al-Azhar.

Baca juga: Bertemu Paus Fransiskus, GP Ansor Bawa Misi Perdamaian Islam ke Vatikan

"Dalam kesempatan bertemu dengan Paus Fransiskus, kami juga menyampaikan dokumen 'GP Ansor Declaration on Humanitarian Islam' atau Deklarasi GP Ansor tentang Islam untuk Kemanusiaan," ujar Yaqut.

Menurut pria yang akrab disapa Gus Yaqut ini, Deklarasi GP Ansor tersebut memuat seruan untuk membangun konsensus global demi mencegah dijadikannya agama, khususnya Islam, sebagai senjata politik.

"Agama seharusnya menjadi solusi perdamaian dan bukan sumber konflik," lanjutnya.

"Humanitarian Islam ini juga dimaksudkan untuk memupus maraknya kebencian komunal melalui perjuangan untuk mewujudkan tata dunia yang ditegakkan di atas dasar perhormatan terhadap kesetaraan hak dan martabat bagi setiap manusia," tambahnya.

Baca juga: Cerita Ketua GP Ansor Jateng Saat Hadiahi Paus Fransiskus Batik Truntum

Dalam kesempatan kunjungan ke Vatikan tersebut, GP Ansor juga menyampaikan toleransi dan keharmonisan kehidupan beragama di Indonesia.

GP Ansor turut berkontribusi memelihara keharmonisan kehidupan beragama di Indonesia, termasuk menjaga kegiatan keagamaan umat Katolik di Indonesia.

Sementara itu, Paus Fransiskus menyampaikan agar umat beragama selalu menjaga persaudaraan.

Paus Fransiskus turut menegaskan kembali agar sesama umat beragama dapat hidup berdampingan dalam damai.

Pada kesempatan itu, Paus Fransiskus juga meminta kepada rombongan GP Ansor untuk saling mendoakan sesama saudara meski berbeda keyakinan.

Baca juga: Arti Motif Batik Boketan Truntum, Hadiah Ketua GP Ansor Jateng untuk Paus

"Saya doakan Anda. Anda doakan saya. Kita bersaudara. I pray for you, you pray for me, we are brothers," demikian pesan Paus Fransiskus seperti dikutip Gus Yaqut.

Selama berkunjung ke Vatikan, Gus Yaqut turut didampingi Sekjen Abdul Rochman, tiga wakil Sekjen yakni Hasanuddin Ali, Wibowo Prasetyo, dan Rifqi Al Mubarok), serta Ketua PW GP Ansor Riau Purwaji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber GP ANSOR
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com