Kompas.com - 21/11/2019, 14:40 WIB

BANGKOK, KOMPAS.com - Paus Fransiskus menemui pemimpin tertinggi agama Buddha di Thailand, di hari pertama dalam rangkaian tur Asia yang dia jalani.

Ini merupakan kunjungan perdananya ke Negeri "Gajah Putih", di mana 0,5 persen dari total populasi negara itu adalah pemeluk Katolik.

Paus Fransiskus membawa dialog antar-agama dalam kunjungan ke Thailand, di mana dia akan menggelar misa yang diikuti umat se-Asia Tenggara Kamis (21/11/2019).

Baca juga: Mendarat di Thailand, Paus Fransiskus Mulai Rangkaian Tur Asia

Pemimpin Gereja Katolik Roma itu juga membawa pandangan tentang penderitaan anak-anak dan perempuan yang rentan, dan menurutnya pantas mendapat masa depan yang "bermartabat".

Dalam pertemuan simbolik Kamis ini dilansir AFP, Paus Fransiskus duduk bersama Pemimpin Tertinggi Buddha, Somdej Phra Maha Muneewong, di Kuil Ratchabophit, Bangkok.

"Umat Katolik menikmati kebebasan beragama meski menjadi minoritas, dan hidup dalam harmoni bersama saudara dari agama Buddha," jelasnya.

Mereka berdua duduk di depan patung emas Buddha, dalam kuil yang dibangun oleh mendiang Raja Chulalongkorn, 150 tahun silam.

Ketika menyambut Paus, Phra Maha Muneewong tidak mengenakan alas kaki dan berjubah oranye. Paus pun mengikuti dengan melepas sepatunya.

Kuil yang dibuka pada 1869 itu adalah lokasi yang sama yang dikunjungi oleh mendiang Paus Yohanes Paulus II, dalam kunjungannya 1984 silam.

Kunjungan itu juga bertepatan dengan 350 tahun peringatan "Misionaris Siam", di mana kalangan misionaris Katolik sampai di sana pada abad 17.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.