Kompas.com - 13/07/2019, 15:12 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menceritakan pengalamannya bertemu Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un untuk kali ketiga.

"Kim sangat senang bertemu saya," ujar Trump kepada awak media di Gedung Putih. Dia bertemu Kim di zona demiiiterisasi (DMZ) pada akhir Juni lalu.

Ditemani Presiden Korea Selatan (Korsel) Moon Jae-in, Trump kemudian menuju ke Panmunjom dan menjadi presiden pertama AS yang menginjakkan kaki di Korut.

Baca juga: Kim Jong Un Resmi sebagai Kepala Negara Korea Utara

Dilansir Newsweek Jumat (12/7/2019), Trump menyebut reaksi positif yang ditunjukkan Kim adalah hal positif. "Dia jarang tersenyum. Namun saat bertemu, dia melakukannya," katanya.

Dia mengklaim di bawah pemerintahan Presiden Barack Obama, dia menguji coba senjata nuklir dan meledakkan gunung. "Namun ketika saya menjabat, dia tak melaksanakannya," terang dia.

Korut pertama kali menguji coba nuklir saat dipimpin ayah Kim, Kim Jong Il, dengan mantan Presiden George W Bush mempercepat upaya melakukan denuklirisasi.

Setelah itu Pyongyang melakukan empat tes senjata lagi, dua oleh Kim Jong Il dan sisanya oleh anaknya, ketika Obama berkuasa di Gedung Putih.

Kim bahkan mengambil langkah lebih drastis setelah Trump menjabat. Yakni dengan mengumumkan uji coba rudal balistik antar-benua (ICBM), dan bom termonuklir.

Uji coba itu sempat membuat Kim dan Trump terlibat perang komentar sepanjang 2017, dan baru mencair setelah dalam pidato Tahun Baru 2018, Kim menyatakan siap berdialog.

Mencairnya hubungan itu mencapai puncak setelah Kim dan Trump bertemu untuk pertama kali di Singapura pada Juli 2018, dan menghasilkan kesepakatan guna denuklirisasi.

Halaman:
Sumber Newsweek


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.