Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Hadiri 25 Tahun Peringatan Kematian Kakeknya, Kim Il Sung

Kompas.com - 08/07/2019, 22:05 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Yonhap

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un dilaporkan menghadiri peringatan 25 tahun kematian kakeknya sekaligus pendiri negara itu, Kim Il Sung.

Berdasarkan pemberitaan media setempat, Kim mengunjungi Istana Kumsusan, tempat jenazah Kim Il Sung dan ayah Kim Jong Un, Kim Jong Il, disemayamkan setelah diawetkan.

Baca juga: Korut Mengeluh Terus Ditekan AS Meski Kim Jong Un dan Trump Bertemu

Dilansir Yonhap Senin (8/7/2019), Kim menghadiri peringatan ditemani sejumlah pejabat senior. Di antaranya Ketua Presidium Dewan Rakyat Tertinggi Choe Ryong Hae.

Kim Il Sung yang mendirikan Korut pada 1948, meninggal akibat serangan jantung di 1994. Kemudian di akhir 2011, Kim Jong Il juga meninggal kena serangan jantung dan digantikan Kim.

Tayangan televisi Korut memperlihatkan Kim masuk ke mausoleum, dan menunjukkan publik hening mengamati di tengah sirene yang dibunyikan dengan bendera berkibar setengah tiang.

Ini merupakan kali pertama dalam dua tahun terakhir Kim terlihat mengunjungi Istana Kumsusan dalam rangka menghadiri peringatan kematian kakek atau ayahnya.

Sejak menggantikan sang ayah di 2011, Kim rutin hadir di mausoleum dalam peringatan kematian dua pendahulunya hingga 2017. Media Korut juga tak memberitakan kunjungan Kim tahun lalu.

Dalam peringatan itu, media Korut menyerukan kepada warga untuk membangun ekonomi negara yang kuat berdasarkan kepada prinsip "kemandirian".

"Kemajuan besar hari ini adalah kelanjutan dari perjuangan suci dan memuaskan para pemimpin besar kita untuk mewujudkan aspirasi mereka," ulas harian Rodong Sinmun.

Harian Partai Buruh itu menerangkan, terdapat tantangan dari musuh untuk menghambat kemajuan Korut. Namun masa depan negara itu disebut tetap cerah.

Baca juga: Trump Klaim Pemerintahan Obama Memohon untuk Bertemu Kim Jong Un

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Yonhap
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com