Kompas.com - 10/06/2019, 12:09 WIB

VILLA DEL ROSARIO, KOMPAS.com - Ribuan warga Venezuela berkumpul untuk menyeberang ke Kolombia, beberapa jam setelah Presiden Nicolas Maduro membuka kembali sebagian perbatasan.

Diwartakan kantor berita AFP, Minggu (9/6/2019), penduduk di Venezuela begitu frustasi mencari pangan dan obat-obatan.

"Kami adalah pecinta damai yang sangat membela kemerdekaan dan penentuan nasib kami sendiri," demikian pernyataan Maduro ketika membuka perbatasan.

Baca juga: Venezuela Tutup Seluruh Konsulatnya di Kanada

Setelah perbatasan di negara bagian Tachira dibuka pada Sabtu lalu, mereka akhirnya dapat membeli makanan dan obat. Mereka berkumpul di jembatan perbatasan antara kedua negara.

"Dua putri saya menderita demam berdarah. Mereka demam, dan saya harus dapat obat di Kolombia," kata seorang ibu bernama Belky Rangel.

Dia telah berlinang air mata setelah menunggu selama tiga jam bersama dua putrinya, yang berusia lima dan 8 tahun, untuk menyeberang ke Cucuta.

Kepala Layanan Migrasi di Kolombia Christian Krueger menyatakan, pada siang hari, sudah sekitar 18.000 orang menyeberang dari Venezuela, dan 8.000 orang dari Kolombia.

Sebagai informasi, sebelum ditutup pada Februari lalu, perbatasan Jembatan Internasional Simon Bolivar dipakai oleh sekitar 30.000 orang setiap hari.

Mereka datang dari San Antonio del Tachira di Venezuela menuju Cucuta di Kolombia.

Namun, kontainer yang ditempatkan pada jembatan perbatasan bagian Venezuela mencegah semua bantuan kemanusiaan masuk ke negara itu.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.