Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenderal China kepada AS: Jika Mereka Ingin Berkelahi, Kami Siap

Kompas.com - 03/06/2019, 11:32 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

SINGAPURA, KOMPAS.com - Menteri Pertahanan China Wei Fenghe menegaskan, negaranya siap berunding maupun terlibat ketegangan dengan Amerika Serikat (AS).

Pernyataan itu diucapkan Wei ketika menghadiri forum dialog keamanan internasional, dikenal juga sebagai Shangri-La Dialogue, yang berlangsung di Singapura.

Dilansir AFP via Channel News Asia Minggu (2/6/20190, menhan yang juga seorang jenderal itu membuka pidatonya dengan membahas perang dagang AS dan China.

Baca juga: Perang Dagang Makin Panas, China Salahkan AS

Kedua negara saat ini terlibat ketegangan karena masing-masing saling bertukar tarif hingga 360 miliar dollar AS, atau sekitar Rp 5.132 triliun.

"Untuk perang dagang yang diciptakan AS, jika mereka menginginkan berunding, kami akan membuka pintu. Namun jika mereka ingin berkelahi, kami siap," tegas Wei.

Dia juga menyoroti ketegangan di kawasan Asia-Pasifik, salah satu yang menjadi pembahasan adalah sengketa Laut China Selatan antara China dengan negara seperti Filipina.

Washington menyatakan penolakan terhadap militerisasi China yang mengklaim hampir seluruh area dan menolak mengakui wilayah Taiwan, Brunei, Malaysia, Filipina, dan Vietnam.

Menurut komandan Pasukan Roket Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) itu, AS-lah yang membuat mereka terpaksa membangun fasilitas militer di kawasan sengketa.

"Siapa yang memulai mengancam stabilitas dan keamanan Laut China Selatan?" kecam Wei dikutip CNN. Dia merujuk kepada AS yang sering mengerahkan kapal perangnya melewati kawasan itu.

Dia menyebut operasi kemerdekaan navigasi Gedung Putih malah meninggalkan kekacauan ketika mereka pergi setelah menunjukkan "ototnya" yang membuat Beijing meradang.

"Di tengah tekanan harus menghadapi kapal perang maupun armada pesawat tempur, bagaimana mungkin kami tidak melindungi dengan membangun fasilitas militer," terang dia.

Dia juga membahas tentang Taiwan, dan mengklaim China tidak akan menyerahkan satu inci pun teritori mereka, dan membiarkan negara lain ikut campur.

Baca juga: Ketika 3 Kapal Perang China Kejutkan Warga Sydney di Pagi Hari...

Dia merujuk kepada Undang-undang Relasi Taiwan 1979 yang membolehkan Washington menyediakan senjata bagi Taiwan dan melindungi pulau itu dari serangan.

China masih menganggap Taiwan sebagai bagian dari provinsi mereka yang harus disatukan kembali setelah perang sipil berdarah yang terjadi 1949 silam.

Wei mengutip perkataan presiden ke-16 AS Abraham Lincoln yang menyatakan bakal mempertahankan AS di tengah Perang Sipil.

"Bagaimana mungkin mereka bisa membuat peraturan yang mengizinkan ikut campur ke urusan dalam negeri China? Masuk akal?" tanyanya.

"Tidak ada negara di dunia yang mengizinkan adanya pemisahan diri. AS tidak terpisah. Begitu juga dengan China," menteri berusia 65 tahun tersebut.

Baca juga: Latihan Perang, Militer Taiwan Simulasikan Pendaratan Pasukan Amfibi China

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com