Kompas.com - 28/05/2019, 20:02 WIB

BOBIGNY, KOMPAS.com - Pengadilan Perancis pada Selasa (28/5/2019) memulai persidangan kasus yang diajukan oleh seorang ibu dan putrinya terkait polusi udara.

Ini merupakan kasus hukum pertama di Perancis, di mana warga menuntut negara atas masalah kesehatan yang disebabkan oleh polusi udara.

Ibu dan anak perempuan itu meminta ganti rugi sebesar 160.000 euro atau sekitar Rp 2,5 miliar dari negara di pengadilan Montreuil di Paris timur.

Baca juga: Ledakan Bom di Lyon, Polisi Perancis Tangkap Mahasiswa asal Aljazair

Mereka berpendapat pihak berwenang tidak bertindak secara efektif dalam mengatasi polusi, khususnya yang berada di Paris pada Desember 2016.

Polusi tersebut diklaim berdampak pada kesehatan mereka, terutama ketika masih tinggal di pinggiran Paris, Saint-Quen, tepat di pinggiran jalur lingkar yang macet.

Jalur tersebut dibuka pada 1973, yang dilalui 1,1 juta pengemudi setiap hari namun menjadi mimpi buruk bagi 100.000 orang yang tinggal di sekitarnya.

Ibu dan anak yang tidak disebutkan namanya itu menilai, polusi menyebabkan masalah pernapasan.

Akibatnya, sang ibu yang berusia 52 tahun harus mengambil cuti kerja, sementara putrinya yang berumur 16 tahun menderita penyakit asma.

Sejak peristiwa itu, mereka pindah ke kota Orleans atas saran dokter atas pertimbangan kesehatan.

Pengacara mereka, Francois Lafforgue, mengatakan pemerintah Perancis gagal menerapkan aturan untuk melindungi warga dengan lebih baik.

Halaman:
Sumber AFP


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.