Kompas.com - 23/05/2019, 13:40 WIB

BRASILIA, KOMPAS.com - Presiden Brasil Jair Bolsonaro, Rabu (23/5/2019), merevisi surat perintahnya yang ditandatangani awal bulan ini, yang memungkinkan setiap warga sipil untuk membeli dan membawa senjata api di tempat umum.

Dalam dekret presiden yang telah direvisi tersebut, kini warga sipil dilarang membeli maupun membawa senjata jenis serbu di jalanan kota Brasil.

"Warga negara biasa yang telah memenuhi syarat akan diizinkan membawa pistol tetapi bukan senapan," kata pemerintah dalam sebuah pernyataan.

Diakui pemerintah bahwa perubahan tersebut dilakukan setelah dekret sebelumnya menuai protes publik dan tantangan hukum maupun politik.

Pembelian senjata jenis senapan serbu kini dibatasi untuk warga tuan tanah di kawasan pedesaan. Itu pun harus disimpan di dalam rumah.

Baca juga: Penembakan di Sebuah Bar di Brasil, 11 Orang Tewas

"Ada kritik yang menyatakan kemungkinan adanya kelebihan (dalam dekret) dan pemerintah memahami kritikan tersebut," kata Menteri Kehakiman Sergio Moro dalam wawancara dengan media lokal.

"Normalnya, penggunaan persenjataan dengan potensi kerusakan yang lebih besar hanya terbatas untuk pasukan keamanan," tambahnya.

Namun dekret kontroversial tersebut masih memungkinkan berbagai profesi, termasuk pengemudi truk, politisi, pemburu, bahkan perawat, untuk membawa senjata tanpa harus membuktikan mengapa mereka membutuhkannya.

Dilansir AFP, produsen senjata Brasil, Taurus mengatakan, setelah terbitnya dekret pihaknya telah menerima 2.000 pesanan untuk senjata T4, sejenis senjata serbu, yang dirancang untuk penggunaan oleh polisi dan militer.

Saham perusahaan juga mengalami lonjakan hingga 7,6 persen pada Selasa (21/5/2019), namun sehari berikutnya kembali menurun.

Baca juga: Presiden Brasil Teken Dekret, Mudahkan Warga Beli dan Bawa Senjata Api

Halaman:
Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.