Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Brasil Sebut Negaranya dan AS Fokus Gulingkan Rezim Maduro

Kompas.com - 09/04/2019, 16:00 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

BRASILIA, KOMPAS.com - Presiden Brasil Jair Bolsonaro tidak sungkan menjelaskan fokusnya dalam menggulingkan pemerintahan Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

Dalam wawancara dengan Radio Jovem Pan seperti dikutip Russian Today Selasa (9/4/2019), Bolsonaro berkata upaya pelengseran Maduro itu dilakukan bersama AS.

Baca juga: Puji Presiden Maduro, Maradona Bakal Diperiksa PSSI-nya Meksiko

Bolsonaro yang tidak bisa menyembunyikan kebencian terhadap Venezuela mengatakan, Brasil dan AS bakal fokus untuk memengaruhi militer.

Dia berharap dengan adanya keretakan di tubuh militer, maka upaya untuk melengserkan presiden berusia 56 tahun itu bakal berlangsung mulus.

"Adalah militer yang menentukan apakah negara hidup dalam demokrasi atau kediktatoran," beber presiden yang menjabat sejak 1 Januari lalu.

Dia menambahkan saat ini dia tidak melihat Venezuela mempunyai masa depan bagus di bawah rezim Maduro. "Ini yang tidak bisa Anda lakukan," tutur dia.

AS yang mengakui pemimpin oposisi Juan Guaido sebagai presiden telah menggunakan pendekatan ekonomi melalui sanksi untuk menggulingkan Maduro.

Pejabat Gedung Putih termasuk Presiden Donald Trump telah menegaskan segala opsi, termasuk menggunakan jalan militer, sedang dipertimbangkan.

Terkait dengan opsi agresi militer, Bolsonaro sempat ditanyai apakah dia bakal bergabung dengan AS dengan mengirimkan pasukan.

Bolsonaro menjawab bahwa keputusan tersebut bakal berada di tangannya. "Namun saya akan mendengarkan Dewan Pertahanan Nasional dan Parlemen," tegas dia.

Februari lalu, Wakil Presiden Hamilton Mourao menolak kemungkinan mendukung langkah Washington menggunakan opsi bersenjata kepada Venezuela.

Mourao menyatakan untuk bisa menampung pasukan asing, Bolsonaro harus mendapat izin dari Kongres Nasional yang saat ini enggan menerima langkah militeristik.

Baca juga: Maduro: Kita Menghadapi Monster yang Ingin Menghancurkan Venezuela

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com