Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump Yakin Bakal Kunjungi Jepang Usai Diberi Tahu Hal Ini oleh PM Abe

Kompas.com - 27/04/2019, 19:55 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber Kyodo News

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump memutuskan untuk berkunjung ke Jepang bulan depan setelah bertemu dengan Perdana Menteri Shinzo Abe, Jumat (26/4/2019).

Abe berkunjung ke Gedung Putih untuk membahas rencana kunjungan kenegaraan Trump dan istrinya Melania ke Jepang bulan depan dan menjadi tamu negara pertama yang bertemu kaisar baru.

Trump yang awalnya masih ragu untuk menerima undangan kunjungan itu, merasa yakin setelah mendengarkan jawaban dari Abe.

Saat itu Trump bertanya kepada Abe, "Seberapa penting acara suksesi kekaisaran itu bagi rakyat Jepang dibandingkan dengan Super Bowl?"

Baca juga: Trump Akan Jadi Tamu Negara Pertama yang Bertemu Kaisar Baru Jepang

Trump pun memutuskan bakal berangkat ke Jepang untuk bertemu dengan kaisar baru, usai Abe mengatakan bahwa seremoni suksesi kekaisaran mendatang merupakan acara yang 100 kali lebih besar dibandingkan dengan Super Bowl.

Super Bowl merupakan ajang kejuaraan American Football tahunan yang mempertemukan juara dari dua konferensi olahraga tersebut. Trump dikenal sebagai salah satu fans super bowl.

"Saya akan ada di sana. Jika seperti itu, saya akan berada di sana," ujar Trump, dikutip Kyodo News.

Trump dan Melania dijadwalkan untuk berkunjung ke Jepang sebagai tamu kenegaraan pada 25-28 Mei mendatang.

Salah satu agenda utama kunjungan kenegaraan Trump itu adalah untuk bertemu dan makan malam dengan kaisar, yang saat itu sudah akan dijabat oleh Naruhito.

Putra Mahkota Naruhito akan resmi naik takhta pada 1 Mei mendatang, sehari setelah ayahnya, Kaisar Akihito turun takhta, usai menjabat selama tiga dekade.

Selain bertemu dan makan malam dengan kaisar Jepang, Trump rencananya juga akan hadir dan menyaksikan turnamen sumo musim panas di Tokyo.

Baca juga: Lempar Ponsel ke Panggung Saat Trump Hendak Pidato, Seorang Pria Ditahan

Trump juga akan menyerahkan trofi buatan AS kepada juara dalam turnamen tersebut.

"Saya selalu merasa (sumo) itu menarik. Berjalan-jalan ke arena sumo akan menjadi sesuatu yang cukup menyenangkan," ujarnya.

Turnamen sumo musim panas tersebut akan digelar di Arena Sumo Ryogoku Kokugikan, di Tokyo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com