Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Virus Corona Merebak, Kaisar Jepang Batalkan Perayaan Ulang Tahun

Kompas.com - 17/02/2020, 14:42 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber AFP

TOKYO, KOMPAS.com - Kaisar Jepang Naruhito dilaporkan membatalkan pertemuan umum untuk merayakan ulang tahun di tengah merebaknya virus corona.

Dalam keterangan rumah tangga kerajaan, mereka tidak akan menggelar open house hari jadi Naruhito yang ke-60 pada 23 Februari mendatang.

Baca juga: Kisah Orang Afrika Pertama yang Terpapar Virus Corona dan Sudah Sembuh

"Berkenaan dengan situasi yang terjadi, kami memutuskan membatalkan kunjungan publik untuk merayakan ulang tahun Yang Mulia," ujar pihak kerajaan.

Karena itu, keberadaan Kaisar Jepang Naruhito di pagi hari, kemudian disusul acara penandatanganan kartu ucapan selamat yang dilakukan rakyat.

Diberitakan AFP Senin (17/2/2020), setidaknya sudah 60 orang di Negeri "Sakura" positif terinfeksi virus corona, yang mendapat nama resmi Covid-19 itu.

Menteri Kesehatan Katsunobu Kato pada Minggu (16/2/2020) memperingatkan bahwa Negeri "Sakura" bersiap untuk memasuki "fase baru" wabah.

"Kami ingin masyarakat tidak terlalu sering berkumpul di luar. Orang tua dan yang punya riwayat kesehatan buruk juga menghindari keramaian," jelas Kato.

Pembatalan perayaan ulang tahun Kaisar Jepang pada akhir pekan ini terjadi setelah sesi amatir Tokyo Marathon pada 1 Maret juga ditangguhkan.

Berdasarkan keterangan juru bicara Tokyo Marathon, mereka masih melakukan kajian yang bakal segera diumumkan keputusannya.

Perayaan ulang tahun bagi Kaisar Naruhito merupakan agenda pertama yang diadakan sejak dia naik takhta pada tahun lalu menggantikan ayahnya, Akihito.

Kali terakhir perayaan tersebut dibatalkan adapa pada 1996, di mana pemberontak dari Pergerakan Tupac Amaru menyandera diplomat Jepang.

Baca juga: 40 Warga AS di Kapal Pesiar di Jepang Tertular Virus Corona

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com