Kompas.com - 25/04/2019, 18:59 WIB

VLADIVOSTOK, KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin mengomentari pertemuan perdananya dengan Pemimpin Korea Utara (Korut) Kim Jong Un yang berlangsung di Vladivostok.

Dalam konferensi pers seperti dilaporkan The Guardian Kamis (25/4/2019), Putin menyatakan pertemuan selama dua jam itu berlangsung dalam suasana yang cair.

"Kami mendiskusikan sejarah relasi kami. Kami juga membahas prospek peningkatan hubungan bilateral. Tentu saja, kami membahas situasi di Semenanjung Korea," katanya.

Baca juga: Dalam Pertemuan Bersejarah, Ini yang Dibicarakan Putin dan Kim Jong Un

Putin menjelaskan, sejatinya Kim siap untuk menyerahkan senjata nuklir. Namun, pemimpin yang berkuasa sejak 2011 itu meminta jaminan keamanan.

"Korea Utara membutuhkan jaminan keamanan dan juga hak untuk mempertahankan kedaulatannya," terang Putin sebagaimana diberitakan kantor berita AFP.

Presiden berusia 66 tahun itu menghendaki supaya hukum internasional bisa dipulihkan. Kami harus memastikan hukum internasional, bukan hukum yang kuat, yang mengatur dunia ini," tegasnya.

Dia menuturkan pertemuan itu bakal dia bahas dengan Amerika Serikat (AS). Putin berujar, agenda diskusi ke Washington merupakan permintaan dari Kim.

"Tidak ada rahasia di sini. Tidak ada konspirasi. Pemimpin Kim sendiri yang meminta saya supaya menginformasikannya kepada Amerika," papar dia.

Kedua pemimpin itu tidak mengumumkan hasil kesepakatan mereka. Namun suasana yang hangat dilaporkan begitu kontras dengan pertemuan Kim dengan Presiden AS Donald Trump.

Dalam pertemuan kedua di Hanoi, Vietnam, pada Februari lalu, Trump dan Kim sama sekali tidak menghasilkan kesepakatan dan memberi penjelasan berbeda soal hasil pertemuan.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.