Kompas.com - 26/02/2019, 13:49 WIB

 

KASHMIR, KOMPAS.com - Pemerintah Pakistan, Selasa (26/2/2019), menuduh jet-jet tempur India telah melintas di atas wilayah udaranya dan melanggar garis gencatan senjata di Kashmir.

Pesawat-pesawat tempur India itu juga disebut membuang muatan sebelum melarikan diri setelah mendapat tanggapan dari Angkatan Udara Pakistan.

"Angkatan Udara India telah melanggar Batas Kekuasaan," ujar juru bicara militer Pakistan Mayor Jenderal Asif Ghafoor dalam twitnya, Selasa (26/2/2019).

Batas yang dimaksud Ghafoor merujuk pada perbatasan de facto antara Kashmir yang dikuasai India dengan Pakistan.

Angkatan Udara Pakistan pun mengirimkan jet-jet tempurnya sebagai tanggapan.

Baca juga: Jenderal India: Siapa Pun yang Membawa Senjata di Kashmir, Kami Habisi

"Setelah menghadapi tanggapan tepat waktu dan efektif dari Angkatan Udara Pakistan, (pesawat India) melepaskan muatan dengan tergesa-gesa sambil melarikan diri di dekat Balakot. Tidak ada korban maupun kerusakan," ujar Ghafoor, dikutip AFP.

Namun Ghafoor tidak memberi keterangan lebih lanjut mengenai lokasi yang dimaksud, maupun apakah kota itu berada di wilayah Kashmir yang dikelola Pakistan atau lebih jauh ke wilayahnya.

Ghafoor kemudian mengunggah gambar apa yang disebutnya sebagai muatan yang dijatuhkan jet India, berupa potongan logam yang ada di kawasan hutan lebat.

Tidak ada komentar langsung dari New Delhi berkaitan dengan tuduhan Pakistan.

Namun laporan berita India menyebut jet angkatan udara telah menghantam sasaran termasuk kamp yang dikuasai kelompok militan Jaish-e-Mohammad, yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan bunuh diri pada 14 Februari di Kashmir.

Halaman:
Sumber AFP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.