Kompas.com - 15/02/2019, 11:34 WIB

AMSTERDAM, KOMPAS.com - Sejak kisahnya menjadi viral, fakta lain tentang Shamima Begum, remaja Inggris yang bergabung dengan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) mulai terkuak.

Di antaranya tentang identitas Yago Riedijk, suami yang dinikahi Shamima 10 hari sejak dia sampai di Suriah pada 2015.

Dalam keterangan Shamima, Riedijk merupakan anggota ISIS asal Arnhem, Belanda. Bersama Shamima, Riedijk sempat mempunyai dua anak, namun meninggal akibat malnutrisi.

Baca juga: Keluarga Shamima Memohon Belas Kasihan dari Warga Inggris

Riedijk menyerah kepada Pasukan Demokratik Suriah ketika melarikan diri dari Baghouz, kota yang disebut sebagai benteng terakhir ISIS, dua pekan lalu.

Sumber dari dinas anti-teror Belanda mengungkapkan, Riedijk menjalin kontak secara reguler dengan tujuh anggota yang hendak menyerang festival musik rock di Arnhem.

"Gadis Inggris itu disebut korban yang tak berdaya. Faktanya, dia menikah dengan seorang pria yang sangat berbahaya," kata sumber itu kepada The Sun Kamis (14/2/2019).

Sumber itu melanjutkan polisi berhasil mencegah sel ISIS itu pada tahun lalu sebelum mereka sempat mengeksekusi rencananya.

Seorang petugas yang menyamar berhasil menyusup ke sel mereka, dan menyediakan senjata palsu sehingga tidak meletus ketika diserbu polisi.

Dari hasil pemeriksaan, kelompok tersebut berniat menggunakan bom mobil, granat, dan senapan serbu AK-47 untuk menyerang festival itu.

Idenya adalah pelaku bakal berjalan di antara kerumunan penonton festival, dan menembaki mereka dengan AK-47, melemparkan granat, dan meledakkan diri dengan bom mobil.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.