Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Seberat 2 Patung Liberty hingga Selebar Lapangan, Ini 7 Wahana Angkasa Terbesar

Kompas.com - 24/01/2019, 11:23 WIB
Aswab Nanda Pratama,
Bayu Galih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak Orville Wright dan Wilbur Wright berhasil mengembangkan pesawat pertamanya, banyak pihak yang mulai memesan kendaraan udara itu dari Wright Bersaudara. Bahkan, banyak juga yang mengembangkan pesawatnya sendiri.

Teknologi ini terus berkembang dari tahun ke tahun, hingga tiap negara bisa membuat pesawat dengan keunikan masing-masing.

Tak hanya bisa menjelajah suatu tempat, ambisi tiap negara adalah bisa menghadirkan sesuatu yang besar. Berikut beberapa di antaranya:

1. Spruce Goose

Spruce Goosedailymail Spruce Goose
Spruce Goose merupakan pesawat yang terbuat dari bahan kayu. Pesawat kayu itu memiliki rentang sayap yang hampir sama dengan panjang lapangan sepak bola.

Kapasitas awal dari rancangan pesawat ini didesain untuk membawa lebih dari 700 orang untuk bertempur dalam perang.

Tujuan awal dari pembangunan megaproyek pesawat ini adalah untuk mengangkut para personel untuk membantu dalam peperangan.

Pihak Pemerintah Amerika Serikat akhirnya segera menugaskan kepada Hughes Aircraft Company untuk membangun pesawat terbang yang mampu membawa ratusan orang dan sejumlah material dalam jarak jauh.

Howard Hughes, sebagai desainer dan pendiri dari Hughes Aircraft Company, segera merancang bentuk pesawat tersebut.

Baca juga: 2 November 1947, Pesawat Kayu Raksasa Spruce Goose Mengudara

Karena pembatasan material baja, aluminium dan sejenisnya, Hughes membuat inisiatif membangun pesawat dari kayu yang dilapisi plastik yang ditutup dengan kain.

Raksasa bersayap itu memulai debut pertama dan terakhir pada 2 November 1947. David Grand mendapat amanat menjadi pilot dalam penerbangan ini.

Pesawat ini memiliki lebar sayap 97 meter dan panjang 66 meter dengan menggunakan delapan mesin berbaling-baling raksasa. Pesawat ini enam kali lebih besar dari pesawat pada masanya.

Pengembangan Spruce Goose menghabiskan biaya 23 juta dollar AS yang memakan waktu lama hingga akhir peperangan pada 1946. Berbagai pihak yang terlibat segera menuntut perusahaan untuk bisa melihat percobaan pesawat terbang ini.

Spruce Goose akhirnya berpindah-pindah kepemilikan. Hingga akhirnya sejak 1993, desain pesawat itu ditampilkan di sebuah Museum di McMinnville, Oregon, Amerika Serikat.

2. Antonov 225

Antonov 225 Mriya Reuters Antonov 225 Mriya
Pesawat ini dibangun dengan tujuan awal membawa pesawat ruang angkasa Uni Soviet. Dengan panjang 84 meter dan lebar sayap 88,4 meter, Antonov-225 Mriya menjadi salah satu pesawat terbesar yang ada.

Hanya satu pesawat An-225 yang pernah diselesaikan oleh perusahaan penerbangan Antonov. Pesawat ini dinamai Mriya yang berarti mimpi dalam bahasa Ukraina.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com