Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Tokoh Dunia: Ferdinand von Zeppelin, Pencipta Pesawat Balon Udara

Kompas.com - 28/05/2018, 15:43 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

KOMPAS.com - Manusia selalu bermimpi untuk dapat terbang melintasi batas jarak dan waktu untuk menuju ke suatu tempat dengan cepat.

Pesawat menjadi penemuan mutakhir dalam mewujudkannya. Sebelum pesawat seperti yang kini dinikmati, balon udara berbentuk cerutu raksasa merajai langit di Jerman.

Sebuah pesawat udara Zeppelin pertama kali terbang pada 2 Juli 1900, kemudian kebutuhan masyarakat dan negara.

Ferdinand von Zeppelin menjadi sosok dibalik pesawat yang akhirnya tidak pernah lagi menghiasi langit dunia.

Awal kehidupan dan karier militer

Ferdinand Adolf Heinrich August Graf von Zeppelin lahir pada 8 Juli 1838 di Konstanz. Dia berasal dari keluarga bangsawan.

Ayahnya merupakan Mengteri Wurttemberg dan Hormarschall, Friedrich Jerome Wilhelm Karl Graf von Zeppelin dan ibunya, Amrlie Francoise Pauline.

Semasa kecilnya, dia tidak bersekolah tapi diajar oleh guru privat. Pada usia 15 tahun, Zeppelin pergi untuk masuk kes politeknik di Stuttgart.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Jawaharlal Nehru, PM Pertama India

Pada 1855, dia menjadi pelajar di sekolah militer di Ludwigsburg. Kemudian, perwira tentara di Wurttemberg dan dipromosikan menjadi Letnan pada 1858.

Kariernya terus meningkat hingga pada 1865, dia terpilih sebagai ajudan Raja Württemberg dan perwira staf umum. Setelah kritik atas penanganannya terhadap brigade kavaleri Prusia, dia dipaksa untuk pensiun dari Angkatan Darat dengan pangkat Jenderal.

Kamp balon

Ketika dia menjadi pengamat resmi Pasukan Uni selama Perang Sipil Amerika, dia mengunjungi kamp balon Thaddeus SC Lowe. Kunjungan tersebut menginspirasi minatnya pada aeronautika atau ilmu penerbangan.

Dalam catatan harian yang bertanggal 25 Maret 1874, dia menulis tentang ide pertamanya tentang balon kemudi besar. Sebuah pesawat yang juga dapat digunakan dalam peperangan.

Pada 1891, Zeppelin mulai fokus mewujudkan kapal udara itu dengan menyusun material dengan kerangka dari alumunium dan dibungkus dengan kain, mesin serta baling-baling udara.

Setelah banyak melewati masalah pendanaan, bahan yang tepat dan dukungan di pemerintahan, Zeppelin membangun pesawat udara pertamanya yang kaku, LZ 1, pada 17 Juni 1898.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Nicolaus Copernicus, Penemu Teori Heliosentris

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com