Bus Sekolah Melaju Tanpa Sopir dan Menaiki Trotoar, Empat Orang Tewas - Kompas.com

Bus Sekolah Melaju Tanpa Sopir dan Menaiki Trotoar, Empat Orang Tewas

Kompas.com - 10/12/2018, 21:06 WIB
Kondisi bus sekolah yang mengalami kecelakaan di Hong Kong, Senin (10/12/2018).AFP / ANTHONY WALLACE Kondisi bus sekolah yang mengalami kecelakaan di Hong Kong, Senin (10/12/2018).

HONG KONG, KOMPAS.com - Empat orang dilaporkan tewas setelah sebuah bus sekolah yang hilang kendali menaiki trotoar dan melindas para pejalan kaki.

Selain empat orang yang meninggal, sekitar 10 orang lainnya dilaporkan mengalami luka akibat insiden yang terjadi di North Point, sebuah distrik pusat Hong Kong yang ramai, pada Senin (10/12/2018) itu.

Korban tewas, dilansir dari AFP, adalah dua wanita masing-masing berusia 80 dan 70 tahun, serta dua pria berusia 83 dan 77 tahun.

Foto-foto yang beredar di media lokal memperlihatkan korban yang tergeletak di trotoar, sementara petugas medis merawat sejumlah korban lainnya.

Saat kecelakaan terjadi, bus sekolah berwarna kuning tersebut dalam keadaan kosong. Bahkan tidak ada sopir yang mengemudikannya.

Baca juga: Pria 44 Tahun Lempar Peledak di Dalam Bus, 17 Penumpang Terluka

Diyakini, bus tersebut hilang kendali dan berjalan dengan sendirinya setelah diparkir. Saksi mengatakan, sopir bus berlari mengikuti kendaraan yang melaju tak terkendali itu namun usahanya sia-sia.

Bus baru berhenti setelah naik ke trotoar, menabrak sejumlah pejalan kaki, kemudian menabrak dinding bangunan di jalanan yang penuh dengan toko-toko di sisi kanan dan kirinya.

Sebelum berhenti, bus sempat melaju tanpa kendali sejauh 100 meter dan menabrak dua taksi.

"Kami percaya sopir bus lupa memasang rem tangan atau tidak memasangnya dengan sempurna saat hendak meninggalkan bus," ujar kepala inspektur polisi Sun Lun-yum, kepada wartawan.

Sopir bus yang berusia 62 tahun termasuk dalam salah satu korban luka. Dia terperangkap di bawah bus dan sempat terseret hingga sejauh 20 meter.

Dia mengalami luka pada kepala, leher, dan punggung.

Sopir bersama sembilan korban luka lainnya, yang berusia antara 22 hingga 89 tahun, dibawa ke rumah sakit untuk mendapat perawatan. Beberapa dilaporkan dalam kondisi luka serius.

Hong Kong terkenal dengan sistem tranportasi publiknya yang disebut terbaik di dunia. Meski demikian kecelakaan bus bukan tidak pernah terjadi.

Baca juga: Bus Tabrak Taksi di Hong Kong, 5 Orang Tewas dan 32 Lainnya Terluka

Bulan lalu, lima orang tewas dan 32 lainnya luka-luka setelah sebuah bus yang membawa penumpang staf maskapai penerbangan dari bandara Hong Kong bertabrakan dengan sebuah taksi.

Bulan Februari, sebuah bus tingkat terbalik di utara Hong Kong, menewaskan 19 orang dan melukai lebih dari 60 orang lainnya.


Terkini Lainnya


Close Ads X