Bus Tabrak Taksi di Hong Kong, 5 Orang Tewas dan 32 Lainnya Terluka - Kompas.com

Bus Tabrak Taksi di Hong Kong, 5 Orang Tewas dan 32 Lainnya Terluka

Kompas.com - 30/11/2018, 09:37 WIB
Polisi berada di sekitar taksi yang hancur akibat ditabrak bus di Hong Kong pada Jumat (30/11/2018). (AFP/Anthony Wallace) Polisi berada di sekitar taksi yang hancur akibat ditabrak bus di Hong Kong pada Jumat (30/11/2018). (AFP/Anthony Wallace)

HONG KONG, KOMPAS.com - Sebanyak lima orang dan 32 lainnya luka-luka usai sebuah bus dalam perjalanan ke bandara Hong Kong bertabrakan dengan taksi pada Jumat (30/11/2018) dini hari.

Polisi mengatakan, kecelakaan yang terjadi di pulau Tsing Yi itu membuat sejumlah penumpang terlempar dari jendela bus.

AFP mewartakan, gambar yang beredar di media sosial menunjukkan setengah bagian belakang taksi hancur dan bagian depan bus rusak.

Baca juga: Seorang Pria di Hong Kong Meninggal 15 Jam Usai Pingsan saat Olahraga

Pengemudi taksi dan dua pria serta dua perempuan dalam bus tewas dalam kecelakaan.

Bus turis itu membawa para pekerja ke bandara. Namun usai mendekati pintu keluar terowongan, bus mengalami kecelakaan.

Sebagai informasi, Tsing Yi terhubung dengan jalan bebas hambatan ke Bandara Internasional Hong Kong di pulau tetangga, Lantau.

Melansir South China Morning Post, polisi Hong Kong menyatakan pengemudi bus mengalami kelelahan atau kelebihan jam kerja.

"Pengemudi bus berusia 62 tahun terakhir kali beristirahat pada 27 November lalu, dan dia sejak itu bekerja mulai pukul 19.00 sampai 07.00," kata Inspektur Polisi Michael Yip Siu-ming.

"Ketika kecelakaan terjadi pukul 04.54 pagi ini, dia sudah bekerja selama 10 jam. Ini yang menjadi penyelidikan kami," ucapnya.

Yip mengatakan, pria tersebut telah mengemudkan bus sejak 2007. Namun, polisi juga membuka penyelidikan kemungkinan pengemudi mabuk alkohol sebelum insiden terjadi.

Beberapa korban lainnya mengalami cedera serius. Sekitar 10 ambulans dikirim ke lokasi kejadian untuk menangani korban.

Baca juga: Seekor Sapi Jantan di Pantai Hong Kong Mati dengan Perut Penuh Sampah Plastik

Pantauan CCTV menunjukkan bus menabrak taksi 40 detik usai terakhir berhenti di sisi jalan. Usai menabrak, bus mengarah ke penghalang sisi kanan jalan raya. Tiga orang terlempar dari bus.

"Ada 36 penumpang di bus, dan banyak yang tidak terlempar keluar dari bus. Tapi mereka yang terlempar melalui jendela tidak mengikat sabuk pengaman," tutur Yip.

Bus kemudian menabrak sisi kiri jalan raya dan berhenti. Pengemudi bus turut terlempar akibat dari tabrakan tersebut.



Close Ads X