Kompas.com - 07/12/2018, 16:31 WIB
|

RIYADH, KOMPAS.com - Salah seorang ajudan Pangeran Mohammed bin Salman dituduh menghawasi proses penyiksaan salah seorang aktivis perempuan Arab Saudi yang ditahan awal tahun ini.

Situs berita Middle East Eye mengutip kantor berita Reuters yang pada Kamus (6/12/2018) menurunkan laporannya.

Kantor berita Reuters yang mengutip dua sumber yang dekat dengan masalah ini mengabarkan, Saud al-Qahtani hadir dalam proses penyiksaan di salah satu penjara di Arab Saudi.

Baca juga: Adik MBS Kembali ke AS di Tengah Mencuatnya Kasus Khashoggi

Seorang sumber mengatakan, enam orang pria memerintahkan agar perempuan itu bersama tiga orang lainnya disiksa di sebuah lokasi di kota Jeddah antara Mei dan Agustus lalu.

Reuters menambahkan, keenam pria yang terlibat dalam penyiksaan ini sebenarnya tidak bertugas untuk memeriksa aktivis perempuan itu.

Keenam orang tersebut sebenarnya adalah anggota Federasi Keamanan Siber, Pemrograman, dan Drones Arab Saudi.  Badan ini diketuai Saud al-Qahtani.

Kedua sumber yang tak mau disebutkan namanya mengatakan, Al-Qahtani berada di dalam ruangan pemeriksaan. Sementara satu dari keempat tahanan itu menjalani penyiksaan.

Saud al-Qahtani adalah penasihat Pangeran MBS yang belum lama ini dipecat dari jabatannya karena dituduh terlibat dalam pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi.

Dia juga menjadi satu dari belasan warga Saudi yang terkena sanksi dari AS dan Kanada juga terkait pembunuhan Khashoggi.

Reuters menambahkan, tak bisa menghubungi Al-Qahtani sejak dia dipecat dari jabatannya. Namun, seorang pejabat Saudi mengatakan, tuduhan terhadap Al-Qahtani tak bisa dibuktikan kebenarannya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.