Biografi Tokoh Dunia: Jean-Eugene Robert-Houdin, Pelopor Sulap Modern

Kompas.com - 06/12/2018, 18:46 WIB
Jean-Eugene Robert-Houdin, pesulap terkenal asal Perancis berjuluk Bapak Sulap Modern. (Água & Azeite) Jean-Eugene Robert-Houdin, pesulap terkenal asal Perancis berjuluk Bapak Sulap Modern. (Água & Azeite)

KOMPAS.com - Jauh sebelum banyak pesulap abad ini yang terkenal, Jean-Eugene Robert-Houdin dianggap sebagai pencetus gaya sulap modern.

Bahkan, dia dijuluki sebagai Bapak Sulap Modern. Hidup pada abad ke-19, Robert-Houdin merupakan pesulap yang sangat sukses selama masa hidupanya.

Berkat keahliannya itu, pemerintah Perancis memintanya untuk membantu menjatuhkan pemberontakan suku di Aljazair sehingga mencegah perang.

Kehidupan awal

Jean-Eugene Robert-Houdin, lahir dengan nama asli Jean-Eugene Robert, di kota Blois, Perancis Tengah, pada 6 Desember 1805.


Ayahnya bernama Prosper Robert berprofesi sebagai pembuat jam di kota tersebut.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Nelson Mandela, Berjuang Memberontak Apartheid

Sementara, ibunya bernama Marie-Catherine Guillon meninggal dunia ketika Jean-Eugene masih kecil.

Sang ayah mengirimnya ke sekolah hingga perguruan tinggi di University of Orleans. Jean-Eugene lulus pada 18 tahun dan kembali ke Blois.

Meski ayahnya berharap dia menjadi seorang pengacara, tapi Jean-Eugene justri ingin mengikuti jejak ayahnya sebagai pembuat jam.

Suatu saat, dia membeli buku tentang jam dan penjaga toko keliru memberinya paket yang berisi buku sulap sebanyak dua jilid.

Jean-Eugene yang penasaran tidak hanya menyimpan buku-buku tersebut, tapi juga membacanya. Dia begitu terkesan dengan sulap dan mulai menjalaninya sebagai hobi.

Semangat menggebu

Semangatnya untuk memperdalam ilmu sulap makin menggebu-gebu. Dia pun mencari seorang pelatih dari pesulap setempat untuk mengasah bakatnya dan mulai tampil profesional.

Pada satu pertunjukkan, dia bertemu dengan Cecile-Eglantine Houdin, putri pembuat jam di Paris yang terkenal.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Harland Sanders, Pencipta Resep Rahasia KFC

Keduanya jatuh cinta dan menikah pada Juli 1930. Saat itu, usia Jean-Eugene masih 24 tahun.

Halaman:


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:

Terkini Lainnya


Close Ads X