Kompas.com - 04/12/2018, 19:18 WIB

KOMPAS.com - Wajahnya terpampang di seluruh gerai dan produk Kentucky Fried Chicken (KFC). Seorang pria tua berkaca mata dengan janggut pada dagunya.

Harland Sanders atau kerap disapa Kolonel Sanders menjadi sosok dibalik kesuksesan ayam goreng yang terjual di seluruh dunia.

Kini ada sekitar 21.000 restoran KFC yang tersebar di lebih dari 130 negara. Perjuangan Sanders untuk mencapai kesukesan diawali dengan menjalani berbagai pekerjaan.

Petani, petugas pemadam kebakaran, agen asuransi, dan seorang tentara adalah sejumlah pekerjaan yang dilakoni Sanders, tapi semuanya tidak bertahan lama.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Rosa Parks, Melawan Segregasi Rasial

Meski usianya sudah tua, tapi Sanders berhasil sukses dengan menemukan resep rahasia yang membius lidah para konsumen.

Kehidupan awal

Harland David Sanders lahir pada 9 September 1890 di Henryville, Indiana, Amerika Serikat. Masa kecilnya begitu sulit karena dia bukan satu-satunya anak dalam keluarga yang tidak terlalu kaya.

Dia merupakan sulung dari tiga bersaudara yang lahir dari pasangan Wilbur David Sanders dan Margaret Ann Sanders.

Harland Sanders (kanan) bersama ibu dan adiknya. (Wikipedia) Harland Sanders (kanan) bersama ibu dan adiknya. (Wikipedia)
Harland Sanders (kanan) bersama ibu dan adiknya. (Wikipedia) Harland Sanders (kanan) bersama ibu dan adiknya. (Wikipedia)
Ayahnya bekerja paruh waktu dengan menjadi butuh tani di Henryville. Ibunya tidak bekerja karena harus mengurus anak-anak.

Kehidupan Sanders kecil makin berat ketika ayahnya meninggal tiba-tiba pada suatu sore di musim panas 1895.

Kala itu, ayahnya pulang ke rumah karena demam dan meninggal dunia di kemudian hari. Semuanya berubah dramatis bagi Sanders yang berusia 6 tahun.

Baca juga: Biografi Tokoh Dunia: Gianni Versace, Pendiri Rumah Mode Versace

Ibunya harus pergi bekerja di pabrik pengalengan tomat, sementara Sanders cilik menjadi pengasuh dan merawat adik-adiknya di rumah.

Pengalaman itu berkontribusi pada keahlian Sanders sebagai seorang koki.

Sang ibu memutuskan menikah lagi pada 1902 dan keluarganya pindah ke Greenwood, Indiana. Namun Sanders memilih kabur dari rumah karena ayah tirinya kerap memukul.

Pekerjaan demi pekerjaan

Meninggalkan rumah berarti dia juga putus sekolah, dan pada akhirnya mencicipi pekerjaan buruh tani dan kusir.

Dengan seizin ibunya, Sanders meninggalkan Greenwood pada 1906 menuju New Albany, tempat pamannya bekerja di perusahaan trem. Lalu, dia mendapat pekerjaan sebagai seorang kondektor.

Banyak pekerjaan dia jalani, termasuk menjadi relawan Angkatan Darat pada usia 15 tahun. Dia memalsukan tanggal lahir agar dapat masuk militer.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.