Kompas.com - 07/11/2018, 18:56 WIB
|

KAIRO, KOMPAS.com - Presiden Mesir Abdul Fattah al-Sisi mengatakan, militer negeri itu siap membela negara-negara Teluk jika mendapatkan ancaman.

Harian Youm7, Selasa (6/11/2018), mengabarkan, bahwa pernyataan Al-Sisi itu disampaikan merespon pertanyaan terkait sanksi AS terhadap Iran.

"Instabilitas memengaruhi kita semua dan tiap negara yang tidak stabil berdampak kepada kita," ujar Al-Sisi.

Baca juga: Presiden al-Sisi Kembali Perpanjang Status Darurat di Mesir

Mesir bersama Arab Saudi dan Uni Emirat Arab pada tahun lalu bersama-sama memboikot Qatar dan menentang upaya Iran memperkuat pengaruhnya di Timur Tengah.

"Rakyat harus waspada dan benar-benar sadar tentang apa yang terjadi di kawasan ini," tambah Al-Sisi saat berbicara dalam sebuah forum pemuda di kota wisata Sharm El-Sheikh.

Sisi menambahkan, Mesir akan berdiri bersama "saudara-saudaranya" di Teluk dan jika keamanan kawasan itu terancam maka rakyat dan pemerintah Mesir akan melakukan mobilisasi untuk melindungi mereka.

Al Sisi melanjutkan, Jordania, Lebanon, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Kuwait harus lebih bersatu untuk menjaga keamanan dan stabilitas negara masing-masing.

Kelima negara itu adalah bagian dari delapan negara Arab yang terlibat dalam latihan militer bersama yang digelar di Mesir pada akhir pekan lalu.

Langkah ini kemungkinan bisa berkembang menjadi sebuah pakta regional untuk menghadapi pengaruh Iran di kawasan tersebut.

Baca juga: Bertemu al-Sisi, Trump Bangun Era Baru Hubungan AS-Mesir

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Gulf News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.