Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dibayangi Skandal Khashoggi, MBS "Selfie" di Konferensi Investasi

Kompas.com - 24/10/2018, 18:12 WIB
Ervan Hardoko

Penulis

Sumber Newsweek

RIYADH, KOMPAS.com - Skandal pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi agaknya tidak mengganggi keseharian dan kegiatan Pangeran Mohammed bin Salman.

Setidaknya itulah yang terlihat saat pria berjuluk MBS itu melakukan kunjungan mendadak ke konferensi investasi internasional di Riyadh, Selasa (23/10/2018).

Saat muncul di hotel Ritz yang menjadi ajang KTT Inisiatif Investasi Masa Depan (FII), MBS mendapatkan "standing ovation" dari para tamu yang menghadiri acara tersebut.

Baca juga: Turki Serahkan Bukti Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi kepada CIA

Tak hanya itu, para tetamu langsung mengerumuni sang pangeran muda yang terus menebar senyum dan melayani permintaan selfie.

MBS terus tersenyum lebar meski ajang internsional ini menjadi kehilangan gregetnya akibat skandal pembunuhan Jamal Khashoggi.

Pembunuhan itu membuat sejumlah menteri perekonomian Eropa dan para CEO perusahaan ternama dunia membatalkan kehadiran mereka.

Di antara yang tidak hadir adalah menteri perekonomian Perancis, Jerman, Belanda, Inggris, dan Amerika Serikat.

Tak hanya itu, skandal yang dimulai setelah hilangnya Khashoggi setelah memasuki konsulat Saudi di Istanbul, Turki pada 2 Oktober lalu ikut "mengguncang" hubungan negeri itu dengan AS yang secara tradisional amat kuat.

Presiden AS Donald Trump yang memposisikan diri sebagai sekutu terdekat Riyadh memang terlihat ragu menuding Saudi terlibat dalam kematian Khashoggi.

Meski demikian, Trrump memperingatkan konsekuensi yang akan dihadapi Riyadh jika terbukti bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut.

Sejauh ini, pemerintah Arab Saudi bersikukuh tidak mengetahui rencana pembunuhan Khashoggi dan berjanji para pelaku pembunuhan akan mempertanggungjawabkan perbuatan mereka.

Baca juga: Iran Diuntungkan dari Kasus Pembunuhan Jamal Khashoggi

Di sisi lain, meski memutuska tak hadir dalam FII, Menteri Keuangan Steven Mnuchin dikabarkan akan hadir dalam pertemuan di membahas upaya mengejar pendanaan teroris yang akan digelar di Riyadh akhir bulan ini.

Di saat yang sama, pemerintah Perancis, Jerman, dan Inggris membatalkan semua perjalanan politik ke Arab Saudi terkait masalah pembunuhan Khashoggi.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com