Salin Artikel

Dibayangi Skandal Khashoggi, MBS "Selfie" di Konferensi Investasi

Setidaknya itulah yang terlihat saat pria berjuluk MBS itu melakukan kunjungan mendadak ke konferensi investasi internasional di Riyadh, Selasa (23/10/2018).

Saat muncul di hotel Ritz yang menjadi ajang KTT Inisiatif Investasi Masa Depan (FII), MBS mendapatkan "standing ovation" dari para tamu yang menghadiri acara tersebut.

Tak hanya itu, para tetamu langsung mengerumuni sang pangeran muda yang terus menebar senyum dan melayani permintaan selfie.

MBS terus tersenyum lebar meski ajang internsional ini menjadi kehilangan gregetnya akibat skandal pembunuhan Jamal Khashoggi.

Pembunuhan itu membuat sejumlah menteri perekonomian Eropa dan para CEO perusahaan ternama dunia membatalkan kehadiran mereka.

Di antara yang tidak hadir adalah menteri perekonomian Perancis, Jerman, Belanda, Inggris, dan Amerika Serikat.

Presiden AS Donald Trump yang memposisikan diri sebagai sekutu terdekat Riyadh memang terlihat ragu menuding Saudi terlibat dalam kematian Khashoggi.

Meski demikian, Trrump memperingatkan konsekuensi yang akan dihadapi Riyadh jika terbukti bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut.

Sejauh ini, pemerintah Arab Saudi bersikukuh tidak mengetahui rencana pembunuhan Khashoggi dan berjanji para pelaku pembunuhan akan mempertanggungjawabkan perbuatan mereka.

Di sisi lain, meski memutuska tak hadir dalam FII, Menteri Keuangan Steven Mnuchin dikabarkan akan hadir dalam pertemuan di membahas upaya mengejar pendanaan teroris yang akan digelar di Riyadh akhir bulan ini.

Di saat yang sama, pemerintah Perancis, Jerman, dan Inggris membatalkan semua perjalanan politik ke Arab Saudi terkait masalah pembunuhan Khashoggi.


https://internasional.kompas.com/read/2018/10/24/18125371/dibayangi-skandal-khashoggi-mbs-selfie-di-konferensi-investasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke