Kompas.com - 16/10/2018, 12:14 WIB

MALAGA, KOMPAS.com - Karena penerbangannya dialihkan, sejumlah kru kabin maskapai Ryanair dilaporkan harus tidur di lantai Bandara Malaga, Spanyol.

24 awak kabin Ryanair terpaksa menginap semalam di Malaga karena pesawat mereka tak bisa melanjutkan perjalanan ke Porto, Portugal.

Persatuan awak kabin maskapai Portugal (SNPVAC) melampirkan foto di mana ada enam orang kru yang melewatkan malam dengan tidur di lantai.

Baca juga: Awak Mogok Kerja, Ryanair Batalkan 250 Penerbangan di Seluruh Eropa

Diwartakan BBC Senin (15/10/2018), mereka masuk ke ruangan kabin antara pukul 01.30 hingga 06.00 waktu setempat tanpa fasilitas istirahat memadai.

SNPVAC menyatakan, ke-24 awak kabin tidak mendapat akses makanan atau minuman. Bahkan di ruangan itu, hanya ada delapan kursi tersedia.

"Mereka tidak mempunyai pilihan, seperti dalam foto yang ditampilkan, selain mencoba beristirahat di lantai," demikian penjelasan SNPVAC.

Staf Ryanair kemudian dipindahkan ke ruangan VIP pukul 06.00. Namun SNPVAC menjelaskan mereka masih belum mendapat makanan serta minum.

SNPVAC menegaskan bakal membuat keluhan resmi kepada otoritas penerbangan sipil karena sebuah maskapai diharuskan menyediakan hotel kepada stafnya.

"Jadi para kru bisa beristirahat sesuai dengan regulasi Eropa maupun nasionall, dan bertugas dalam kondisi prima," ujar SNPVAC.

Ryanair membantah telah menelantarkan awak kabinnya. Dalam keterangan resmi, maskapai asal Irlandia itu berkata foto yang beredar merupakan settingan.

Halaman:
Sumber BBC


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.