Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilot Ryanair Mogok Massal di 5 Negara, 400 Penerbangan Dibatalkan

Kompas.com - 10/08/2018, 13:50 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber BBC,AFP

DUBLIN, KOMPAS.com - Pilot maskapai Ryanair kompak mogok kerja di lima negara Eropa membuat terganggunya penerbangan di puncak musim liburan.

BBC mengabarkan pada Jumat (10/8/2018), aksi walk-out selama 24 jam terjadi di Jerman, Swedia, Irlandia, Belgia, dan Belanda.

Sebanyak 400 dari 2.400 penerbangan di Eropa terpaksa dibatalkan. Sekitar 55.000 penumpang akan terdampak dari aksi mogok kerja para pilot.

Baca juga: Mendarat Darurat, 33 Penumpang Ryanair Keluarkan Darah dari Telinga

Mogok kerja tersebut merupakan yang terbesar dari serangkaian aksi protes terkait upah dan kondisi lingkungan pekerjaan. Perusahaan mengklaim telah melakukan segala upaya untuk mengatasi perselisihan.

Diwartakan AFP, Jerman akan menjadi negara yang paling kena getahnya dengan batalnya 250 penerbangan di 10 bandara.

"Ryanair sendiri bertanggung jawab atas eskalasi yang kami hadapi sekarang," kata presiden asosiasi pilot Jerman atau Vereinigung Cockpit, Martin Locher.

Manajemen maskapai penerbangan berbiaya rendah yang berbasis di Irlandia ini pernah berhasil mencegah aksi mogok massal pilot sebelum Natal tahun lalu.

Perusahaan sepakat untuk menyetujui berdirinya serikat pekerja untuk pertama kalinya dalam 30 tahun sejarah berdirinya perusahaan.

Namun, masih terdapat protes sejak perundingan perjanjian kerja sama tersebut.

Sekitar 300 penerbangan Ryanair terpaksa dibatalkan pada Juni lalu akibat awak kabin di Belgia, Portugal, dan Spanyol mogok kerja selama 48 jam.

Baca juga: Kena Delay, Penumpang Ryanair Keluar Melalui Pintu Darurat Pesawat

Maskapai penerbangan dalam beberapa hari terakhir mengumumkan pembatalan 250 penerbangan dari dan menuju Jerman, 104 penerbangan dari dan menuju Belgia dan 42 lainnya di Swedia dan Irlandia.

Pada Kamis (9/8/2018) malam, pengadilan Belanda menolak kasus yang diajukan Ryanair untuk menghentikan aksi pilot di Belanda bergabung dengan aksi pemogokan.

Ryanair telah beroperasi ke 37 negara dan mengangkut 130 juta penumpang sepanjang tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber BBC,AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com