Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesta Hari Perdamaian Internasional, Dunia Diajak Hentikan Permusuhan

Kompas.com - 21/09/2018, 19:59 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Bayu Galih

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Sejak 1981, Dewan Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menetapkan 21 September sebagai Hari Perdamaian Internasional. Tahun ini, tema besar yang diangkat adalah: Hak atas Kedamaian–Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia Ke-70.

Deklarasi ini lahir pada 1948 di Paris, dan kali ini adalah tahun ke-70 deklarasi ini terbentuk.

"Sudah saatnya semua bangsa hidup sesuai dengan Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia, yang mengakui martabat dan kesamaan hak, yang melekat dan tidak dapat dicabut dari setiap manusia. Tahun ini adalah ulang tahun ke-70 dari dokumen berharga itu," kata Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres, dilansir dari situs PBB, Jumat (21/9/2018).

Disusun oleh perwakilan negara-negara dengan latar belakang yang berlainan, dokumen ini dapat dijadikan sebagai standar umum untuk diterapkan di berbagai bangsa di seluruh dunia.

PBB mengajak semua negara untuk menghentikan permusuhan, setidaknya saat seluruh dunia merayakan perdamaian di hari ini.

Karena, tujuan awal dari dibentuknya Hari Perdamaian Internasional adalah untuk memperkuat cita-cita perdamaian di antara bangsa-bangsa di seluruh dunia.

Negara-negara anggota PBB berkeyakinan perdamaian tidak akan tercipta jika langkah-langkah untuk mencapai pemerataan pembangunan ekonomi dan sosial tidak dilakukan, dan hak setiap orang tidak mendapat perlindungan.

Hak asasi manusia adalah hak semua orang.

Untuk itu, prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan, yang mencakup isu kemiskinan, kelaparan, pendidikan, perubahan iklim, persamaan gender, persedian air, sanitasi, energi, lingkungan, dan keadilan sosial, perlu diaplikasikan.

Dirayakan dunia

Berbagai perayaan digelar di berbagai tempat di dunia untuk memperingati Hari Perdamaian Internasional ini.

Misalnya di Kota Hague, Belanda. Sebagian masyarakat menggelar konser perdamaian hari ini. Meskipun tidak terlalu banyak orang yang hadir, sejumlah orang yang hadir terlihat menikmati penampilan penyanyi yang sedang tampil, meskipun di ruangan terbuka dan tersengat matahari. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jason Elite (@thefutureyesterday) on Sep 21, 2018 at 5:25am PDT

Selain di Eropa, Hari Perdamaian Internasional juga diperingati di Kepulauan Zanzibar, Tanzania. Murid-murid di sebuah sekolah menuliskan arti perdamaian yang mereka pahami di sebuah kertas.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by ZanzibarSteinerSchool (@zanzibarsteinerschool) on Sep 21, 2018 at 5:20am PDT

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com