Kompas.com - 01/08/2018, 12:34 WIB

RIYADH, KOMPAS.com - Para pemilik unta di Arab Saudi yang melakukan operasi untuk mempercantik hewan mereka harus membayar denda senilai 67.000 riyal atau sekitar Rp 257,9 juta.

Melansir Arab News pada Rabu (1/8/2018), denda tersebut dijatuhkan kepada lima orang di seluruh kerajaan.

Mereka terbukti telah menyuntikkan zat berbahaya untuk membesarkan bibir unta yang ikut dalam kontes kencantikan.

Baca juga: Air Liurnya Berbahaya, Jemaah Haji Diimbau Tidak Swafoto dengan Unta

Kementerian Lingkungan Hidup, Air, dan Pertanian Arab Saudi menyatakan, kelima orang itu telah melanggar undang-undang kesejahteraan hewan.

Pada 12 Januari lalu, sebanyak 12 unta didiskualifikasi dari acara kontes kecantikan setelah pemilik mereka ketahuan menyuntikan botoks ke beberapa bagian tubuh unta.

Dengan total hadiah senilai 57 juta dollar Amerika Serikat atau Rp 759 miliar, tidaklah mengejutkan apabila ada sekitar 30.000 unta yang ikut kontes.

Namun, acara tersebut juga menuai kontroversi setelah berbagai aksi curang terdeteksi. Pemilik unta tak segan menyuntikkan botoks ke binatang gurun tersebut.

"Mereka menggunakan botoks di bagian bibir atas, bibir bawah, hidung, dan bahkan rahangnya," kata Ali Al Mazrouei, salah satu pemilik unta.

"Botoks membuat kepala unta lebih busung sehingga terlihat besar," ucapnya.

Baca juga: Jadi Peraga Kampanye, Unta dan Domba di Lebanon Dicat Biru

Denda akibat pelanggaran UU Kesejahteraan Hewan di Saudi juga dikenakan kepada sebuah toko hewan yang menjual hewan sakit.

Selain itu, otoritas terkait juga memberikan denda kepada pengemudi truk.

Dia diketahui mengangkut hewan peliharaan dan burung dengan mengabaikan sejumlah langkah yang harus dipenuhi untuk melindungi binatang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Arab News
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.