Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Berencana Buka 18 Kantor Kedutaan Baru di Afrika

Kompas.com - 25/07/2018, 23:34 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

DELHI, KOMPAS.com - Perdana Menteri India Narendra Modi menyampaikan rencananya untuk membuka 18 kedutaan baru di penjuru Afrika.

Pernyataan tersebut disampaikan Modi saat kunjungannya ke Uganda pada Rabu (25/7/2018).

India sebagai negara demokrasi terpadat di dunia, tengah menggencarkan pengaruhnya di Afrika, menyusul persaingannya dengan China yang telah lebih dulu mengembangkan perdagangan hingga misi diplomatik di benua itu.

Baca juga: Kunjungi Rwanda, Perdana Menteri India Sumbang 200 Ekor Sapi

Saat ini, India tercatat telah memiliki 29 misi diplomatik penuh di Afrika. Sementara China telah membuka 50 kantor kedutaannya di Benua Hitam.

PM Modi mengharapkan dibukanya 18 misi diplomatik baru India di Afrika tersebut dapat terlaksana dalam tiga tahun ke depan. Namun belum diungkapkan negara Afrika mana saja yang akan menerima utusan mereka.

Selama dua hari kunjungannya di Uganda, Modi turut mengumumkan pemberian sumbangan berupa mesin terapi kanker, serta pinjaman uang senilai 200 juta dolar (sekitar Rp 2,8 triliun) untuk proyek infrastruktur dan lingkungan.

Sebelum tiba di Uganda, PM Modi telah lebih dulu berkunjung ke Rwanda dalam rangkaian tur Afrika, di mana dia menyumbangkan 200 ekor sapi untuk penduduk miskin di sebuah desa.

Selanjutnya Modi akan terbang ke Afrika Selatan untuk menghadiri pertemuan multinasional BRICS, bersama perwakilan Brazil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan.

Pertemuan tersebut akan membahas perang perdagangan global yang dipimpin AS.

Baca juga: Tagih Janji PM India, Pria Ini Jalan Kaki 1.350 Km ke New Delhi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com