Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Urus Kepulangan Jasad Korban Kecelakaan Bus asal China

Kompas.com - 26/04/2018, 09:11 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

SEOUL, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un secara personal mengurus pengantaran kepulangan jenazah dari puluhan turis China yang tewas dalam kecelakaan bus.

Dilansir dari AFP, mengutip kantor berita Korut KCNA, pemulangan jenazah dilakukan dengan menggunakan kereta api ada Kamis (26/4/2018) pagi waktu setempat.

Sebanyak 32 turis China dan empat warga Korea Utara tewas, setelah bus wisata yang mereka tumpangi jatuh dari jembatan di Pyongyang, Minggu (22/4/2018) malam. Selain itu, sebanyak dua warga China lainnya mengalami cedera.

Baca juga : Kim Jong Un Jenguk Korban Kecelakaan Bus Wisata di Rumah Sakit

Dalam dua kali pengiriman jenazah pada hari ini, Kim telah tiba di stasiun Pyongyang pada Rabu (25/4/2018) sore.

"(Kim) mengantarkan kepulangan jenazah yang tewas dan terluka dalam kecelakaan lalu lintas dengan kereta khusus," tulis KCNA.

Secara pribadi, Kim juga mengatur jadwal keberangkatan kereta dan menyampaikan penghiburan kepada korban yang selamat, serta Presiden China Xi Jinping.

"Kami meminta maaf yang mendalam kepada rekan-rekan di China untuk kesakitan yang tidak dapat diringankan dengan kata-kata, hiburan, dan kompensasi," katanya.

Sebelumnya, KCNA juga melaporkan permintaan maaf pribadi dari Kim Jong Un pada Selasa (24/4/2018), setelah pemimpin berusia 30-an tahun itu mengunjungi korban selama di rumah sakit, dan berkunjung ke kedutaan besar China di Pyongyang.

Baca juga : Kecelakaan Bus Wisata di Korea Utara, 32 Turis China Tewas

Dalam kunjungan di rumah sakit, Kim terlihat mengenakan jas berwarna putih dengan kemeja berwarna hitam. Dia menggenggam tangan korban terluka yang terbarik di tempat tidur rumah sakit.

China merupakan negara pendukung perekonomian dan diplomatik Korut yang utama, meski "Negeri Tirai Bambu" itu mengecam uji coba rudal dan nuklir Pyongyang.

Wisatawan China menyumbang sekitar 80 persen dari seluruh turis asing yang berkunjung ke Korut. Korea Maritime Institute memperkirakan, sektor pariwisata Korut menghasilkan pendapatan tahunan sekitar 44 juta dollar AS atau sekitar Rp 611 miliar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com