Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Un Sebut Mike Pompeo Seperti Dirinya, Punya Keberanian

Kompas.com - 24/04/2018, 19:11 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

Sumber Telegraph

PYONGYANG, KOMPAS.com - Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un, mengungkapkan "kepuasan" dan "kegembiraan" atas kunjungan delegasi Amerika Serikat (AS).

Harian Jepang Asahi Shimbun, via The Telegraph Senin (24/4/2018) melaporkan detil kunjungan Mike Pompeo ke Pyongyang yang dipercaya terjadi pada 1 April itu.

Kunjungan politisi yang baru saja disetujui menjadi Menteri Luar Negeri AS yang baru itu untuk mempersiapkan perundingan antara Kim dengan Presiden Donald Trump.

Baca juga : Trump Akui Bos CIA Temui Kim Jong Un di Pyongyang

"Ini pertama kalinya saya bertemu dengan orang yang sama dengan saya, punya keberanian," puji Kim kepada Pompeo seperti dikutip Asahi dari pejabat Korut.

Dalam kunjungan selama tiga hari tersebut, Kim berkata kepada Pompeo kalau dia bakal melakukan denuklirisasi jika sudah bertemu Trump.

Tidak hanya itu. Pemimpin yang menggantikan ayahnya, mendiang Kim Jong Il, pada 2011 tersebut menawarkan pelepasan tiga warga AS yang mereka tahan.

Kemudian, Kim juga berkata kalau dia tidak mengajukan permintaan agar pasukan AS ditarik mundur dari Korea Selatan (Korsel) jika melakukan denuklirisasi.

Dalam kicauannya di Twitter pekan lalu (18/4/2018), Trump berkata kalau perundingan antara Pompeo dengan Kim berjalan mulus.

"Detil perundingan tengah disusun. Denuklirisasi tidak hanya menjadi kabar baik baik dunia, namun juga Korut!" beber Trump di Twitter.

Baca juga : Direktur CIA Dilaporkan Bertemu Kim Jong Un di Pyongyang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Telegraph
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com