Kompas.com - 11/04/2018, 14:18 WIB
|

SEOUL, KOMPAS.com — Salah seorang penasihat presiden Korea Selatan menyarankan agar pemimpin Korea Utara Kim Jong Un untuk berhenti merokok.

Cung Eui-yong, sang penasihat Presiden Korsel, memberikan saran ini saat jamuan makan malam ketika mengunjungi Pyongyang mewakili Presiden Moon Jae-in bulan lalu.

Saat jamuan makan malam itu, Kim Jong Un memang nyaris tak berhenti merokok. Namun, saran tersebut sempat membuat suasana makan malam tegang.

Ketegangan itu kemudian dipecahkan Ri Sol Ju, ibu negara Korea Utara, yang mengakhiri keheningan dengan bertepuk tangan.

Baca juga: Kim Jong Un Berkomentar soal Rencana Pertemuan dengan AS

"Dia (Kim Jong Un) tak pernah mendengarkan saya saat memintanya berhenti merokok," ujar Ri Sol Ju.

Sementara Kim Jong Un sendiri terlihat tak peduli dengan saran dari Chung Eui-yong.

Peristiwa yang terjadi pada 5 Maret lalu ini baru dilaporkan harian terbitan Jepang Asahi Shimbun pada Rabu (11/4/2018), mengutip sejumlah sumber anonim.

Meski harian itu tak memaparkan secara jelas, sangat mungkin Chung (71) memberikan saran itu karena merasa jauh lebih tua dari Kim Jong Un.

Di Korea, usia memang masih menjadi salah satu faktor penting untuk status seseorang. Semakin tua, maka orang itu makin senior dan makin dihormati.

Chung berada di Pyongyang bersama Direktur Dinas Intelijen Nasional (NIS) Suh Hoon sebagai kunjungan balasan Kim Yo-jong, adik perempuan Kim Jong Un.

Halaman:
Sumber SCMP
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.