Kompas.com - 09/04/2018, 23:54 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump mengatakan, Senin (9/4/2018), dirinya berencana untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jing Un, pada bulan Mei atau awal Juni.

Dalam pernyataannya yang disampaikan di Gedung Putih, Trump ingin menegaskan bahwa rencana pertemuan bersejarah itu masih berjalan pada jalurnya.

Trump menyampaikan harapannya terhadap hubungan kedua negara yang selama satu abad terakhir banyak diwarnai perang, permusuhan hingga persaingan persenjataan berbahaya, dan membawanya ke masa depan yang lebih ramah.

Berbicara kepada wartawan sebelum rapat kabinet, Trump mengatakan, pertemuan akan berlangsung di bulan Mei atau awal Juni.

Baca juga: Putin Menangi Pilpres Rusia, Trump Ucapkan Selamat Lewat Telepon

Pernyataan itu mengisyaratkan kemungkinan terjadinya pengunduran jadwal dari yang semula direncanakan digelar pada akhir bulan depan. Namun Trump menegaskan pertemuan akan tetap digelar.

"Saya mengharapkan akan ada saling hormat dari kedua belah pihak dan mudah-mudahan akan ada kesepakatan untuk denuklirisasi," kata Trump.

"Saya berharap ini akan menjadi hubungan yang jauh berbeda dari yang telah terjadi jauh selama bertahun-tahun lalu," tambahnya dilansir AFP.

Pengumuman mengejutkan terkait rencana pertemuan antara Trump dengan Kim muncul pada Maret lalu setelah Presiden AS menerima undangan untuk bertemu dengan pemimpin negara yang tertutup itu.

Baca juga: Bertemu Xi dan Siap Denuklirisasi, Motif Kim Jong Un Masih Misteri

Meski banyak pihak yang tidak langsung mempercayai rencana pertemuan itu bakal terlaksana, namun hingga saat ini masih menunjukkan tanda-tanda pembicaraan akan berlangsung.

Terlebih usai kunjungan mendadak Kim ke China baru-baru ini dan bertemu langsung dengan Presiden Xi Jinping, serta serangkaian perundingan jalur belakang antara AS dan Korea Utara, semakin meningkatkan harapan kesepakatan mungkin bisa terlaksana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber AFP


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.