Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trump: Pertemuan dengan Kim Jong Un pada Mei atau Awal Juni

Kompas.com - 09/04/2018, 23:54 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

Sumber AFP

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Presiden AS Donald Trump mengatakan, Senin (9/4/2018), dirinya berencana untuk bertemu dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jing Un, pada bulan Mei atau awal Juni.

Dalam pernyataannya yang disampaikan di Gedung Putih, Trump ingin menegaskan bahwa rencana pertemuan bersejarah itu masih berjalan pada jalurnya.

Trump menyampaikan harapannya terhadap hubungan kedua negara yang selama satu abad terakhir banyak diwarnai perang, permusuhan hingga persaingan persenjataan berbahaya, dan membawanya ke masa depan yang lebih ramah.

Berbicara kepada wartawan sebelum rapat kabinet, Trump mengatakan, pertemuan akan berlangsung di bulan Mei atau awal Juni.

Baca juga: Putin Menangi Pilpres Rusia, Trump Ucapkan Selamat Lewat Telepon

Pernyataan itu mengisyaratkan kemungkinan terjadinya pengunduran jadwal dari yang semula direncanakan digelar pada akhir bulan depan. Namun Trump menegaskan pertemuan akan tetap digelar.

"Saya mengharapkan akan ada saling hormat dari kedua belah pihak dan mudah-mudahan akan ada kesepakatan untuk denuklirisasi," kata Trump.

"Saya berharap ini akan menjadi hubungan yang jauh berbeda dari yang telah terjadi jauh selama bertahun-tahun lalu," tambahnya dilansir AFP.

Pengumuman mengejutkan terkait rencana pertemuan antara Trump dengan Kim muncul pada Maret lalu setelah Presiden AS menerima undangan untuk bertemu dengan pemimpin negara yang tertutup itu.

Baca juga: Bertemu Xi dan Siap Denuklirisasi, Motif Kim Jong Un Masih Misteri

Meski banyak pihak yang tidak langsung mempercayai rencana pertemuan itu bakal terlaksana, namun hingga saat ini masih menunjukkan tanda-tanda pembicaraan akan berlangsung.

Terlebih usai kunjungan mendadak Kim ke China baru-baru ini dan bertemu langsung dengan Presiden Xi Jinping, serta serangkaian perundingan jalur belakang antara AS dan Korea Utara, semakin meningkatkan harapan kesepakatan mungkin bisa terlaksana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com