Kompas.com - 28/02/2018, 18:50 WIB
|

LONDON, KOMPAS.com - Seorang anggota parlemen senior mengecam perilaku Kementerian Pertahanan Inggris, setelah puluhan anjing militer disuntik mati hanya dalam enam bulan.

Data Kementerian Pertahanan Inggris menunjukkan sebanyak 38 ekor anjing militer dieutanasia antara Maret hingga Desember tahun lalu atau rata-rata satu anjing tiap pekan.

Mantan pemimpin Liberal Demokrat, Tim Farron yang mengungkap data tersebut mengecam perilaku "kejam" tersebut.

"Angka ini menunjukkan terlalu banyak anjing militer yang disuntik mati tiap tahun. Tak ada cukup upaya untuk menampung mereka," kata Farron.

Baca juga : AS Berikan Mandat Anjing Militer Pensiun di AS

"Bagaimanapun hewan-hewan ini sudah melayani negeri kita, melindungi tentara kita, dan menyelamatkan banyak nyawa," tambah Farron.

"Kita berutang kepada mantan anjing-anjing militer ini dan kita harus mencari opsi lain seperti pelatihan ulang," kata Farron

Data itu menunjukkan enam ekor anjing disuntik mati karena menunjukan temperamen yang berbahaya. Sementara enam lainnya dibunuh dengan alasan "gagal untuk mempertahankan standar".

Sementara itu, Menteri Pertahanan Gavin Williamson mengatakan, pihaknya sudah berupaya memulangkan kembali anjing-anjing itu dari medan perang.

Sejak 2013, lanjut Williamson, sudah 600 ekor anjing militer yang dipulangkan dari tugas mereka.

Williamson menambahkan, keputusan untuk menyuntik mati anjing-anjing itu merupakan kombinasi dari masalah perilaku dan kesejahteraan.

Data yang pernah diserahkan ke parlemen menunjukkan pada 2015-2016 sebanyak 79 ekor anjing militer disuntik mati, 40 di antaranya dianggap tak layak untuk dipulangkan.

Baca juga : Anjing Militer Australia Kini Bisa Pensiun

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Sumber Daily Mail
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.