Kompas.com - 01/02/2018, 18:17 WIB
|
EditorErvan Hardoko

MOSKWA, KOMPAS.com - Sebuah diskusi tentang Joseph Stalin dan perannya dalam sejarah Rusia di sebuah stasiun radio memanas berujung perkelahian dua orang jurnalis senior.

Insiden ini terjadi di studio Radio Komsomolskaya Pravda pada Selasa tengah malam lalu. Dua jurnalis Maksim Shevchenko (51) dan Nikolai Svanidze (62) didaulat menjadi pembicara.

Keduanya kemudian mendiskusikan sebuah pertanyaan terkait apakah Stalinisme bisa dikatagorikan sebagai sebuah "penyakit".

Di satu titik, Svanidze, yang dikenal dengan pandangannya yang liberal, mengatakan sebelum Perang Dunia II, Stalin sudah menghancurkan Uni Soviet sembari menghina rekan diskusinya.

Baca juga : Dituduh Terlibat Propaganda Teroris, Lima Jurnalis Turki Dihukum Penjara

Shevchenko, yang pandangan politiknya sejalan dengan komunisme, membalas dan menyebut Svanidze sebagai "penghasut yang tak bisa diperbaiki".

Shevchenko juga menuding Svanidze menghina kenangan para tentara Uni Soviet yang gugur dalam perang melawan Nazi Jerman.

Setelah pernyataan itu, Svanidze berdiri dan menghampiri Shevchenko lalu langsung meninju wajahnya.

Tak terima ditinju, Shevchenko membalas dan kedua jurnalis senior itu langsung terlibat dalam perkelahian di dalam studio.

Perkelahian itu kemudian disiarkan banyak media Rusia dan kedua jurnalis tersebut akhirnya meminta maaf secara publik.

Kepada stasiun televisi 360 TV, Shevchenko mengatakan, dia menyesalkan kejadian tersebut dan perdebatan intelektual semacam itu seharusnya tak memicu perkelahian.

Baca juga : Tewas Kecelakaan, Jenazah Jurnalis India Diangkut Pakai Truk Sampah

Halaman:


Video Pilihan Video Lainnya >

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.