Kompas.com - 08/01/2018, 08:05 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


BEIRUT, KOMPAS.com - Sebuah ledakan terjadi markas pemberontak di Idlib, Suriah, pada Minggu (7/1/2018) menewaskan 23 orang dan melukai puluhan lainnya, termasuk penduduk sipil.

Mayoritas korban tewas merupakan pejuang dari kelompok pemberontak. Sementara, ada 7 warga sipil yang kehilangan nyawa.

Dilansir dari Straits Times, lembaga Observatorium Hak Asasi Manusia untuk Suriah menyatakan ledakan tersebut menargetkan sasaran markas kelompok pemberontak di Idlib.

Baca juga : Pangkalan Udara Rusia di Suriah Diserang, 2 Tentaranya Tewas

Belum diketahui secara pasti bagaimana ledakan itu terjadi. Namun, salah satu sumber menyebutkan ledakan yang mengguncang kota di distrik Thalatheen itu dilakukan dengan menggunakan bom mobil atau serangan pesawat tak berawak.

Ambulans meluncur ke lokasi ledakan. Tim penyelamat berupaya untuk mengangkat jenazah dan mengevakuasi korban luka akibat tertimbun reruntuhan bangunan.

Provinsi Idlib terletak di perbatasan Turki dan menjadi benteng kelompok pemberontak di Suriah, salah satu pendukung utama perlawanan terhadap Presiden Suriah Bashar Al Assad.

Baca juga : Helikopter Rusia Jatuh di Suriah, Dua Pilot Tewas

Tentara Suriah dan sekutunya melancarkan serangan sejak Oktober 2017 untuk merebut kembali provinsi Idlib dan Hama.

Pasukan pemberontak utama di Idlib adalah kelompok Tahrir Al Sham, yang dipelopori oleh mantan afiliasi Al Qaeda di Suriah. Sebelumnya, kelompok itu bernama Nusra Front.

Suriah kehilangan Idlib dalam perang sekitar 2015. Wilayah itu menjadi satu-satunya provinsi yang sepenuhnya berada di bawah kendali oposisi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.