Kompas.com - 04/01/2018, 05:34 WIB
|
EditorAgni Vidya Perdana

DAMASKUS, KOMPAS.com - Sebuah helikopter milik militer Rusia dilaporkan telah jatuh di Suriah. Menewaskan dua orang kru, termasuk pilot helikopter tersebut.

Informasi itu disampaikan Kementerian Pertahanan Rusia pada Rabu (3/1/2018), yang menyatakan, penyebab jatuhnya helikopter berjenis Mi-24 tersebut karena kesalahan teknis.

Helikopter jatuh saat dalam perjalanan menuju Hama, di barat laut Suriah pada Minggu, 31 Desember 2017.

Tidak ada tanda-tanda telah terjadi serangan hingga menyebabkan jatuhnya helikopter.

Baca juga: Rusia Kirim Pesawat Pengebom ke Indonesia, Australia Waspada

"Dua orang pilot tewas akibat helikopter yang jatuh dengan keras. Lokasi jatuhnya pesawat pada 15 kilometer dari pangkalan udara," tulis pernyataan kementerian, dikutip The New Arab.

Pernyataan tersebut juga menyebut seorang teknisi terluka saat kejadian dan telah dibawa ke pangkalan udara terdekat untuk mendapat pertolongan darurat.

Angkatan udara Rusia terlibat dalam memberikan dukungan udara kepada Suriah dalam mengatasi kelompok teroris ISIS dan juga kelompok pemberontak sejak September 2015 lalu.

Namun pada Desember 2017, Presiden Rusia Vladimir Putin, saat kunjungan ke pangkalan udara Khmeimim mengumumkan penarikan tentaranya dari Suriah.

Selama dua tahun, Rusia turut berperan dalan upaya Suriah mengalahkan ISIS, maupun kelompok teror lain, seperti Jabhat al-Nusra.

Baca juga: Putin Perintahkan Penarikan Sebagian Pasukan Rusia dari Suriah

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.