Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helikopter Rusia Jatuh di Suriah, Dua Pilot Tewas

Kompas.com - 04/01/2018, 05:34 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

DAMASKUS, KOMPAS.com - Sebuah helikopter milik militer Rusia dilaporkan telah jatuh di Suriah. Menewaskan dua orang kru, termasuk pilot helikopter tersebut.

Informasi itu disampaikan Kementerian Pertahanan Rusia pada Rabu (3/1/2018), yang menyatakan, penyebab jatuhnya helikopter berjenis Mi-24 tersebut karena kesalahan teknis.

Helikopter jatuh saat dalam perjalanan menuju Hama, di barat laut Suriah pada Minggu, 31 Desember 2017.

Tidak ada tanda-tanda telah terjadi serangan hingga menyebabkan jatuhnya helikopter.

Baca juga: Rusia Kirim Pesawat Pengebom ke Indonesia, Australia Waspada

"Dua orang pilot tewas akibat helikopter yang jatuh dengan keras. Lokasi jatuhnya pesawat pada 15 kilometer dari pangkalan udara," tulis pernyataan kementerian, dikutip The New Arab.

Pernyataan tersebut juga menyebut seorang teknisi terluka saat kejadian dan telah dibawa ke pangkalan udara terdekat untuk mendapat pertolongan darurat.

Angkatan udara Rusia terlibat dalam memberikan dukungan udara kepada Suriah dalam mengatasi kelompok teroris ISIS dan juga kelompok pemberontak sejak September 2015 lalu.

Namun pada Desember 2017, Presiden Rusia Vladimir Putin, saat kunjungan ke pangkalan udara Khmeimim mengumumkan penarikan tentaranya dari Suriah.

Selama dua tahun, Rusia turut berperan dalan upaya Suriah mengalahkan ISIS, maupun kelompok teror lain, seperti Jabhat al-Nusra.

Baca juga: Putin Perintahkan Penarikan Sebagian Pasukan Rusia dari Suriah

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com