Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sebuah Mobil Berupaya Menerobos Pangkalan Udara AS di Inggris

Kompas.com - 18/12/2017, 23:36 WIB
Agni Vidya Perdana

Penulis

SUFFOLK, KOMPAS.com - Penjaga pangkalan angkatan udara AS di Inggris melepaskan tembakan ke arah pengemudi sebuah mobil yang mencoba menerobos masuk pada Senin (18/12/17).

Akibat insiden yang terjadi sesaat usai jeda istirahat siang tersebut, pangkalan udara AS RAF Mildenhall di Suffolk tersebut memberlakukan prosedur penguncian keamanan.

Seorang pria pengemudi mobil yang tak disebutkan namanya telah ditahan kepolisian setempat.

Baca juga: Iran Tembak Rudal ke Pangkalan AS, Jika Ada Sanksi Baru untuk Teheran

Insiden bermula saat sebuah mobil mendekat pos pemeriksaan utama di RAF Mildenhall dan memaksa menerobos.

Penjaga lantas melepaskan tembakan ke arah mobil dan pengemudinya, sebelum kemudian berhasil menghentikan, menangkap dan menahannya.

Dilansir dari Telegraph, kepolisian setempat menerima panggilan darurat  sekitar pukul 13.40 waktu setempat yang melaporkan adanya gangguan di pangkalan angkatan udara AS.

"Tembakan dilepaskan oleh petugas AS dan seorang pria telah ditahan dengan luka dan memar. Tidak ada orang lain yang terluka akibat kejadian tersebut," kata petugas kepolisian Sussex.

Namun polisi belum dapat mengonfirmasi ada tidaknya keterkaitan insiden tersebut dengan teroris.

Sumber dari pasukan pertahanan mengatakan tembakan yang terjadi sebagai tindakan standar bagi personil yang menjaga pangkalan militer.

"Jika Anda memasuki kawasan pangkalan militer secara paksa maka Anda akan mendapatkan respon bersenjata," kata sumber tersebut.

Baca juga: Pilot Angkatan Udara AS Berkurang Sebanyak 2.000 Orang

Juru bicara kementerian pertahanan AS mengaku telah mengetahui adanya upaya penerobosan ke markas militer di RAF Mildenhall itu.

"Kami telah menerima kabar insiden yang terjadi di gerbang masuk RAF Midenhall. Pangkalan angkatan udara tersebut telah dalam penguncian pukul 13.00 menyusul insiden gangguan," kata kementerian pertahanan melalui laman resminya.

Namun ditambahkan kemudian, prosedur penguncian telah dicabut dan pangkalan tersebut telah dibuka kembali pada pukul 14.35 waktu setempat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com