Kompas.com - 07/12/2017, 14:17 WIB
|
EditorVeronika Yasinta


ABU DHABI, KOMPAS.com — Pembeli lukisan Yesus Kristus yang diyakini sebagai mahakarya Leonardo da Vinci senilai 450,3 juta dollar AS atau Rp 6 triliun terungkap.

Dilansir dari Daily Mail, Kamis (7/12/2017), pembeli itu adalah pangeran Arab Saudi bernama Pangeran Bader bin Abdullah bin Mohammed bin Farhan AL Saud, yang membeli lukisan "Salvator Mundi" (Juru Selamat Dunia) dalam lelang di balai lelang Christie, New York, Amerika Serikat.

Dengan merogoh kocek triliunan rupiah, Pangeran Bader menjadikan lukisan tersebut sebagai lukisan termahal di dunia.

Dikonfirmasi oleh The New York Times, Pangeran Bader diketahui telah membeli lukisan langka itu setelah pemerintah melakukan penyelidikan terhadap dokumen kepemilikan benda berharga milik pejabat dan orang kelas elite Saudi, termasuk keluarga kerajaan.

Baca juga: Masih Kontroversi, Lukisan Yesus Karya Da Vinci Terjual Rp 6 Triliun

Pangeran Bader tidak dikenal sebagai kolektor seni, dia merupakan keturunan keluarga kerajaan yang jauh. Namun, Pangeran Bader menjadi teman dekat Putra Mahkota Saudi Pangeran Mohammed.

Dia membeli lukisan itu dengan enam kali cicilan, yang lima di antaranya dibayar dengan harga lebih dari 58 juta dollar AS atau Rp 785 miliar. Kini, lukisan Salvador Mundi terpajang di museum Louvre Abu Dhabi

"Salvatore Mundi karya Da Vinci tiba di #LouvreAbuDhabi," tulisnya di Twitter.

Museum Louvre Abu Dhabu merupakan museum pertama yang menggunakan nama Louvre di luar Perancis dan dinobatkan sebagai museum universal pertama di Arab.

"Selamat," begitu balasan dari balai lelang Christie di Twitter.

Di luar aksinya membeli lukisan Salvador Mundi, Pangeran Bader pernah menghabiskan banyak uang untuk membeli barang mahal dalam beberapa tahun terakhir, termasuk kapal pesiar senilai 500 juta dollar AS atau Rp 6,7 triliun.

Pangeran Bader (Daily Mail) Pangeran Bader (Daily Mail)

Halaman:
Sumber Daily Mail


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.