Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Kontroversi, Lukisan Yesus Karya Da Vinci Terjual Rp 6 Triliun

Kompas.com - 16/11/2017, 10:43 WIB
Veronika Yasinta

Penulis

Sumber AFP


NEW YORK, KOMPAS.com - Balai Lelang Christie telah menjual lukisan berusia 500 tahun yang diyakini sebagai mahakarya Leonardo da Vinci, senilai 450,3 juta dolar Amerika Serikat atau Rp 6 triliun.

Dilansir dari AFP, Kamis (16/11/2017), harga fantastis untuk lukisan bernama "Salvator Mundi" (Juru Selamat Dunia), terjual dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan lukisan karya Pablo Picasso "Wanita Algeria (Versi O)" di New York pada 2015.

Juru lelang, Jussi Pyklkkanen membuka penawaran lukisan tersebut pada harga 75 juta dolar AS atau Rp 1 triliun. Setidaknya, ada 45 orang yang melakukan penawaran.

Namun, identitas pembeli "Salvator Mundi" yang merogoh koceknya hingga Rp 6 triliun itu tidak disebutkan.

Baca juga : Bola Kristal Bikin Ilmuwan Ragukan Karya Leonardo da Vinci Ini

Masih penuh kontroversi, lukisan itu menggambarkan potret setengah badan dari Yesus Kristus sedang memegang bola kristal di tangan kiri-Nya. Sementara, tangan kanan Yesus terlihat memberkati dunia.

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh penulis buku Leonardo da Vinci: the Biography, Walter Isaacson, meragukan keaslian lukisan tersebut.

Menurutnya, da Vinci yang dikenal sebagai pelukis, ilmuwan, penemu, dan insinyur, malah tidak memasukkan unsur ilmiah dalam lukisan "Salvator Mundi".

Isaacson mengkritik bagian lukisan yang memperlihatkan Yesus memegang bola kristal. Dia mengklaim da Vinci tidak memperhitungkan distorsi optik bola kristal tersebut.

Baca juga : Apa yang Bisa Kita Pelajari dari Kejeniusan Leonardo Da Vinci?

Mata manusia yang melihat ke arah bola kristal, seharusnya nampak juga tangan dan garis pada jubah biru Yesus yang seakan berbelok karena mengalami pembiasan cahaya.

Namun, lukisan itu justru memperlihatkan tidak ada distorsi optik antara tangan Yesus dengan jubahnya.

"Leonardo melukis bola kristal seakan tembus pandang sehingga tidak menimbulkan pembelokkan cahaya," ujarnya.

Saat lukisan "Salvator Mundi" dibuat pada 1500-an, tahun yang sama tepatnya 1506-1513, Da Vinci juga sedang tertarik dengan studi optik dan cahaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com