Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bola Kristal Bikin Ilmuwan Ragukan Karya Leonardo da Vinci Ini

Kompas.com - 19/10/2017, 20:45 WIB
Ardi Priyatno Utomo

Penulis

LONDON, KOMPAS.com - Sebuah lukisan mahakarya Leonardo da Vinci mengundang perdebatan dari kalangan intelektual karena dianggap menimbulkan teka-teki aneh.

Salvator Mundi (Juru Selamat Dunia) bakal dilelang di Balai Lelang Christie, New York, dengan estimasi harga mencapai 100 juta dollar AS (Rp 1,3 triliun).

Dalam lukisan tersebut, Yesus Kristus digambarkan memakai pakaian zaman Renaisans dan tengah memberkati dunia dengan tangan kanan-Nya. Sementara tangan kiri-Nya memegang sebuah bola kristal.

Nah, yang menjadi perdebatan adalah studi yang dilakukan oleh penulis Leonardo da Vinci: the Biography, Walter Isaacson.

Dalam penjelasannya, seperti dilaporkan The Guardian, Isaacson heran mengapa seorang Da Vinci yang dikenal sebagai pelukis, ilmuwan, penemu, dan insinyur tidak memasukkan unsur ilmiah dalam lukisannya.

Isaacson mengritisi bagian lukisan yang memperlihatkan Yesus memegang bola kristal.

Baca: Misteri Ibu Leonardo da Vinci Terungkap, Siapa Dia?

Menurutnya, kesalahan yang dibuat Da Vinci adalah dia tidak memperhitungkan distorsi optik bola kristal tersebut.

Kalau mata awam melihat lewat bola kristal, seharusnya baik tangan maupun garis pada jubah biru Yesus seakan berbelok karena mengalami pembiasan cahaya.

Namun, lukisan itu memperlihatkan tidak ada distorsi optik antara tangan Yesus dengan jubahnya.

"Leonardo melukis bola itu seakan bola itu tembus pandang sehingga tidak menimbulkan pembelokkan cahaya," ujar Isaacson.

Hal ini sangatlah ironi kata Isaacson.

Sebab, pada 1506-1513, momen ketika Da Vinci menyelesaikan Salvator Mundi, seniman asal Firenze itu tengah tertarik dengan studi optik dan cahaya.

Hal ini, seperti dikutip dalam The Guardian, membuat sejumlah kalangan mulai meragukan keaslian lukisan yang direstorasi Galeri Nasional London pada 2011 itu.

Frank Zoellner, pakar dari Universitas Leipzig, Jerman, pada 2013 sempat menyebut bahwa Salvator Mundi merupakan "karya murid Da Vinci, atau mungkin orang yang mengaguminya."

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com