Kompas.com - 26/10/2017, 16:57 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

BAGHDAD, KOMPAS.com - Pemerintah Regional Irak-Kurdi menuduh Irak melakukan serangan terhadap tentara mereka di perbatasan dekat Turki.

Kantor berita AFP, seperti dikutip Al Arabiya melaporkan, pasukan pemerintah Irak -dibantu dengan milisi lokal, menyerbu kawasan sumber minyak bumi di Provinsi Nineveh, dekat dengan perbatasan utara Turki.

Jurubicara komandan pasukan Irak-Kurdi menyatakan, Irak yang didukung pasukan mobilisasi bentukan Iran (PMF) mulai menembak Kamis (26/10/2017), sejak pukul 06.00.

"Mereka menyerang pasukan Peshmerga dari garda terdepan Zummar, barat laut Mosul, menggunakan artileri," kata Jurubicara tersebut.

Pernyataan Kurdi itu bisa memanaskan kembali ketegangan antara Kurdi dan Irak, yang sempat mereda.

Kondisi itu terjadi pasca-Pemimpin Irak-Kurdi, Massud Barzani, mengumumkan bakal menangguhkan deklarasi kemerdekaan demi menjajaki dialog dengan Baghdad, Rabu (25/10/2017).

Baca juga : Kurdi Umumkan Gencatan Senjata, Jajaki Perundingan dengan Irak

Baghdad pun langsung bereaksi dengan tuduhan Irak-Kurdi itu.

Perdana Menteri Irak, Haider al-Abadi berujar, pasukan pemerintah dan PMF tengah menggempur pertahanan kelompok teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di lembah Sungai Efrat.

Abadi menjelaskan, pasukan Irak berusaha menghancurkan basis ISIS di al-Qaim, Rawa, beberapa daerah di sekitarnya.

"Daerah itu akan kembali ke pangkuan ibu pertiwi berkat kegigihan dan semangat pejuang kami," ucap Abadi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.