Kompas.com - 13/10/2017, 13:23 WIB
EditorPascal S Bin Saju

MANILA, KOMPAS.com - Dalam pidato pedas yang sarat kata-kata kasar, Presiden Filipina Rodrigo Duterte menuduh Uni Eropa mencampuri urusan dalam negeri negaranya.

Dia mengancam akan mengusir para diplomat Uni Eropa dalam waktu 24 jam.

Presiden Duterte menuduh bahwa Eropa bersekongkol untuk mengeluarkan Filipina dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), tapi dia sendiri tidak memberikan bukti-bukti kuat untuk ini.

Sebelumnya, seusai delegasi Barat mengkritik perang terhadap narkoba yang sering di luar proses hukum yang dilancarkan Duterte, karena terjadi banyak eksekusi di luar langkah aparat keamanan.

Seorang juru bicara Uni Eropa kemudian mengatakan bahwa delegasi itu tidak mewakili blok mereka.

Dalam pidatonya, Presiden Duterte mengatakan, "Kami akan disingkirkan dari PBB? Kalian bajingan! Ayo coba saja," demikian BBC melaporkan, Jumat (13/10/2017).

Baca: Presiden Duterte Acungkan Jari Tengahnya untuk Uni Eropa

"Kalian mencampuri urusan dalam negeri karena kami miskin. Kalian memberi uang dan kemudian mengatur apa yang harus dilakukan."

Tentang para diplomat Uni Eropa, dia berkata, "Anda harus meninggalkan negeri saya dalam waktu 24 jam, Anda semua."

Dalam pidato itu ia melontarkan juga berbagai makian kasar. Namun dia tidak memberikan bukti untuk mendukung tudingannya bahwa pemerintah Uni Eropa berusaha mendorong Filipina keluar dari PBB.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.