Kompas.com - 20/06/2017, 09:43 WIB
EditorPascal S Bin Saju

DAMASKUS, KOMPAS.com - Berita tentang rumah sakit Israel yang merawat oposan Suriah telah beredar, namun laporan Wall Street Journal mengungkap bahwa Israel mendanai para pemberontak.

Para pemberontak mengatakan mereka "tidak akan bertahan" tanpa bantuan tersebut.

Israel dilaporkan diam-diam memberikan bantuan kepada pemberontak Suriah di Dataran Tinggi Golan selama bertahun-tahun.

Tujuannya ialah untuk mempertahankan kekuatan persahabatan di zona penyangga, menjaga kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) dan pasukan yang selaras dengan Iran di Teluk.

Dukungan tersebut bersifat substansial dan langsung, bari berupa dana tunai, makanan, bahan bakar dan persediaan medis, yang nyatanya beberapa kelompok bersenjata dan sebagian besar penduduk sipil di wilayah tersebut bergantung pada bantuan Israel.

Baca: Netanyahu: Dataran Tinggi Golan Milik Israel Selamanya

Adapun laporan WJS tersebut berdasarkan temuan dan informasi yang diberikan oleh setengah lusin pemberontak dan tiga orang yang akrab dengan pemikiran Israel.

Mereka mengatakan bahwa transaksi rahasia Israel dengan pemberontak dimulai pada awal 2013 di bawah mantan Menteri Pertahanan Moshe Ya'alon dan terus ada sampai hari ini.

Tujuannya, untuk menjaga kelompok pro-Iran, seperti Hezbollah, jauh dari perbatasan.

Sumber-sumber ini mengatakan kepada WJS bahwa sebuah unit khusus dipahat dari tentara Israel untuk mengawasi operasi bantuan tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.