Kompas.com - 02/05/2017, 18:09 WIB
EditorPascal S Bin Saju

BEIRUT, KOMPAS.com - Sedikitnya 32 orang tewas, Selasa (2/5/2017), akibat serangan kelompok Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) di kamp pengungsi di sisi perbatasan Suriah dengan Irak.

"Sedikitnya lima penyerang bunuh diri meledakkan diri di luar dan di dalam kamp pengungsi Irak dan pengungsi Suriah di provinsi Hasakeh," kata Direktur Pemantau Hak Asasi Manusia Suriah (SOHR) Rami Abdel Rahman, seperti dilaporkan Agence France-Presse.

Bentrokan kemudian meletus antara teroris ISIS dan anggota Pasukan Demokratik Suriah (SDF), sebuah aliansi antara pejuang Kurdi dan Arab.

Baca: Serangan Udara di Perbatasan Suriah, Lebih dari 100 Teroris ISIS Mati

Menurut Rahman, beberapa korban tewas di antaranya adalah anggota SDF.

Kamp itu terletak di daerah Rajm al-Salibeh tepat di dalam wilayah Suriah, yang berbatasan dengan Irak.

Setidaknya, demikian Rahman, 21 orang tewas adalah pengungsi Suriah atau mungkin juga pengungsi Irak.

"Sedikitnya 30 orang terluka. Jumlah korban tewas mungkin bertambah karena beberapa orang dalam kondisi kritis dan nasib yang lainnya belum diketahui," kata SOHR yang berbasis di London, di Inggris itu.

Baca: ISIS Bunuh 49 Anggota Pasukan Suriah

SDF yang didukung AS telah berhasil merebut wilayah utara Suriah dari ISIS. Dalam beberapa hari terakhir ini SDF menyerbu sebagian besar kota Tabqa, yang terletak di Lembah Efrat.

Pertarungan untuk merebut Tabqa dari ISIS adalah bagian penting dari serangan yang lebih luas terhadap kota Raqa, benteng pertahanan utama ISIS di Suriah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.