Kompas.com - 30/01/2016, 19:13 WIB
EditorEgidius Patnistik
GENEVA, KOMPAS.com - Kelompok oposisi utama Suriah mengatakan akan bergabung dalam perundingan perdamaian yang sudah dimulai di Geneva.

Komite Negosiasi Tingkat Tinggi (HNC) yang didukung oleh Arab Saudi sebelumnya mengatakan hanya akan bergabung jika pasukan pemerintah Suriah menghentikan serangan udara dan pemblokadean mereka.

Utusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Staffan de Mistura sudah bertemu dengan delegasi pemerintah Suriah di kota di Swiss itu.

Lebih dari 250.000 orang tewas dan 11 juta orang lainnya melarikan diri dari rumah mereka dalam perang yang sudah berlangsung hampir lima tahun di Suriah itu.

Perang saudara di Suriah juga merupakan pendorong terbesar adanya krisis migrasi di Eropa.

Pada hari Sabtu (30/1/2016) sekitar 10 orang pencari suaka, setengahnya adalah anak-anak, dilaporkan tenggelam di Laut Aegean ketika mencoba menyeberang dari Turki ke pulau Lesbos di Yunani.

Perundingan ini diduga akan berlangsung enam bulan, dengan para delegasi duduk di ruangan-ruangan terpisah dan para pejabat PBB pindah dari satu ruang ke ruang lain.

Di antara mereka yang hadir adalah delegasi dari pemerintah Suriah pimpinan Presiden Bashar al-Assad serta mereka yang menentang pemerintahannya, tetapi tidak ada perwakilan dari kelompok militan yang menamakan dirinya Negara Islam atau ISIS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.